Home » Tips Sehat » Yang Jangan Dilakukan Supaya Jerawat Tidak Tumbuh

Yang Jangan Dilakukan Supaya Jerawat Tidak Tumbuh



jerawat remajaMemang sangat menyebalkan kalau bercermin yang terlihat benjolan-benjolan jerawat berwarna merah dan putih, apalagi kalau jerawatnya masih aktif yang rasanya gatal. Ditambah dengan penampakan komedo dan noda jerawat yang menghitam membuat mood makin jelek.

Tanpa disadari sebenarnya banyak kebiasan-kebiasaan yang kita lakukan justru dapat membuat jerawat makin banyak. Apa saja kebiasaan yang harus dihindari supaya jerawat tidak berkembang? berikut beberapa diantaranya

1. Menyentuh wajah, atau memencet jerawat.

Siapapun yang sedang memiliki jerawat pasti tergoda untuk menyentuh atau bahkan memencet jerawat diwajah. Hindari kebiasaan ini karena tangan mengandung banyak bakteri yang mungkin bisa memperparah kondisi yang sudah ada. Jika wajah kotor lebih baik gunakan pembersih muka atau membasuh muka dengan air bersih.

2. Cuci muka dengan sabun pembersih terlalu sering dan menggosoknya.

Mencuci muka dengan sabun idealnya dua kali sehari supaya kulit tidak terlalu kering. Menggosok kulit wajah kuat-kuat dengan tangan juga sama buruknya, karena dapat menambah iritasi kulit. Perlakukan wajah dengan lembut dan perlahan. disarankan untuk mencuci muka dengan air hangat tapi tidak terlalu panas.

3. Menutup jerawat di dahi dengan rambut.

Jerawat tumbuh karena kelenjar sebasea dan kelenjar minyak kulit terlalu aktif. Seperti halnya kulit wajah, rambut juga mengeluarkan minyak yang jika menutupi wajah bisa menambah jerawat apalagi kalau rambut menggunakan produk-produk yang tidak bersahabat dengan jerawat. Saat jerawat tumbuh didahi usahakan agar rambut tidak menyentuh dahi.

4. Kurang tidur atau managemen stres yang kurang baik

Banyaknya tugas sekolah atau kuliah membuat tubuh mendapatkan stres fisik, stres fisik yang terus menerus bisa menyebabkan stres psikologis. Jerawat dipengaruhi oleh kondisi psikologis, kalau managemen stres kita kurang baik maka jerawat bisa tumbuh semakin banyak. Biasakan untuk berpikir positif, jika mempunyai masalah, bercerita pada keluarga, orang yang ahli dibidangnya atau teman terdekat mungkin bisa membantu.

5. Menggunakan make up saat berkeringat

Negara kita dilewati gari khatulistiwa, sudah pasti temperatur udaranya panas apalagi bagi yang tinggal di perkotaan atau dekat dengan pantai. Menggunakan makeup saat udara sedang panas atau saat berolahraga bisa menyumbat pori-pori, penyumbatan ini sangat mudah menimbulka jerawat. Solusinya gunakan make up dan produk perawatan rambut yang non komedogenic, dan berbahan dasar air. Saat berolahraga sebaiknya tidak usah menggunakan make up.

Tidak sulit kan menghindari kebiasaan buruk diatas. Semoga dengan tips-tips diatas bisa membantu setidaknya tidak memperburuk jerawat yang sudah ada sehingga tidak bertambah banyak.




loading...

Artikel terkait Yang Jangan Dilakukan Supaya Jerawat Tidak Tumbuh

cara menghilangkan kebiasaan bercermin. wajah berjerawat jangan bercermin dulu. apakah jerawat tidak boleh dilihat terus dengan mengaca?. apakah mengaca menyebabkan jerawat banyak. apakah saat berjrwt disarankan tidak mengaca. apakah selalu mengaca membuat wajah maki jerawatan. apakah sering bercermin dapat mengakibatkan jerawat.