Home » Tips Sehat » Waspadai Toxoplasma dari Kucing

Waspadai Toxoplasma dari Kucing



Banyak orang yang suka menjadikan kucing sebagai hewan pemeliharaan. Tak hanya bisa menakuti tikus di rumah, kucing juga menggemaskan dengan tingkahnya yang lucu. Dibalik kelucuannya, ternyata kucing bisa menularkan penyakit yang berbahaya pada manusia yang bisa menimbulkan kemandulan bagi para kaum perempuan.

kucing

Penyakit yang perlu diwaspadai dari kucing yaitu Toxoplasma. Toxoplasma adalah sejenis parasit yang hidup di dalam usus kucing. Parasit ini akan keluar bersama dengan kotoran kucing yang dapat menularkan ke tubuh manusia. Biasanya kotoran kucing berceceran di sekitar rumah. Parasit Toxoplasma juga melekat pada bulu kucing.

Bagi para kaum perempuan, parasit ini bisa menyebabkan masalah bila pada saat hamil didiagnosa positif terkena toxoplasma. Tahunya berpenyakit, dari pemeriksaan darah di laboratorium, kedapatan positif toxoplasma. Toxoplasma yang diderita pada saat hami dapat menyebabkan cacat pada anak pada saat di dalam kandungan dan yang lebih buruk lagi dapat menyebabkan kematian anak. Ada baiknya untuk menghindari kemahilan apabila sedang positif mengidap toxoplasma.

Selain toxoplasma, kucing juga membawa penyakit cacing tapi tak seberbahaya toxoplasma. Langkah-langkah untuk mewaspadai timbulnya penularan penyakit itu adalah;

  1. Jagalah kebersihan kucing. Sediakan tempat khusus seperti bak pasir agar kucing terbiasa membuang kotorannya di bak pasir tersebut. Ini memungkinkan agar kotoran kucing tidak berceceran. Selain itu, biasakan mengkramas dan memandikan kucing peliharaan. Tak hanya membuat rambut kucing terlihat bersih dan lembut tetapi juga membersihkan toxoplasma yang menenpel pada rambut kucing.
  2. Beri vaksin. Sesekali-kali bawalah kucing peliharaan ke dokter hewan untuk diberi vaksin agar kucing lebih sehat dan dapat menghindarkan penyebaran parasit toxoplasma dan cacing ke tubuh kita.
  3. Jagalah kekebalan tubuh kita. Meskipun parasit toxoplasma dan cacing dapat menular ke tubuh kita, namun penyakit yang ditimbulkan tidak berakibat buruk pada tubuh kita yang kebal. Meskipun teinfeksi, penyakit tersebut tidak dapat berkembang pada tubuh kita.
  4. Hindari kontak dengan kucing. Sering kali seseorang menggendong dan mengelus-elus kucing kesayangan. Perlu kita ketahui bahwa banyak kucing yang suka makan tikus, makan dari tempat sampah, ikan busuk. Tentunya banyak kuman yang terdapat di dalam mulutnya. Kebiasaan kucing yang menjilati tubuhnya dan menggunakan kakinya untuk menggaruk ketika buang kotoran dapat membuat toxoplasma menempel pada tubuh kucing . Itu artinya, banyak kuman dan parasit toxoplasma  yang menempel pada kucing yang dapat menular ke tubuh kita.
  5. Menjaga kebersihan. Yang terpenting bagi pemelihara kucing adalah menjaga kebersihan. Selain menjaga kebersihan lingkungan rumah, juga kebersihan perorangan, khususnya tertib mencuci tangan. Parasit yang berada di sekitar rumah sangat mudah untuk melekat dengan jemari tangan. Sebelum makan sebaiknya mencuci kedua tangan sampai bersih dengan menggunakan sabun, kebersihan jemari tangan sangatlah penting karena tangan yang tidak bersih dapat menularkan toxoplasma.
Baca juga :   Cara Menghilangkan Komedo

Dari semua itu, sebaiknya kita pemelihara kucing untuk menjaga kebersihan kucing, lingkungan, dan diri kita sendiri.




loading...

Artikel terkait Waspadai Toxoplasma dari Kucing