Home » Penyakit dan Terapi » Waspadai Penyakit Katarak

Waspadai Penyakit Katarak



Kerusakan mata atau katarak yang menyerang dapat menimbulkan kabut yang terjadi pada lensa mata. Menjadi keruhnya lensa mata yang menyebabkan cahaya tidak bisa tembus, untuk tingkat keburamannya sendiri ada tingkatannya, mulai dari sedikit keburaman sampai mengalami keburaman total sehingga jalan cahaya menjadi terhalangi.

Terkaitnya katarak dengan usia pasien, maka akan menimbulkan penguatan lensa, pasien akan mengalami miopi, secara bertahap akan menguning dan tafsiran terhadap warna biru akan berkurang akibat keburaman yang terjadi. Katarak akan terjadi secara perlahan namun akan berakibat hilangnya penglihatan serta dapat membutakan jika tidak segera diobati. Keadaan ini akan mempengaruhi kinerja kedua mata, namun biasanya yang akan dipengaruhi terlebih dahulu adalah satu mata.

Orang yang mengalami katarak senilis dalam usia lanjut, pertama-tama lensa akan mengalami keburaman, lalu terjadinya pembengkakan pada lensa, sehingga mengakibatkan kemampuan penglihatan mata menjadi menyusut dan akhirnya transparasi akan hilang seluruhnya. Seiring berjalannya waktu akan terjadi pencairan lapisan luar pada katarak dan akhirnya terbentuk cairan putih mirip susu. Jika kapsul lensa pecah serta adanya kebocoran akan mengakibatkan peradangan yang berat. Jika katarak tidak segera diobati dapat mengakibatkan glaucoma.

Baca juga :   Efek Samping Steroid Bagi Tubuh

Gejala

Gejala yang dialami oleh penderita katarak adalah buramnya penglihatan, berkurangnya ketajaman penglihatan, hilangnya tingkat sensitivitas kontras, yang menyebabkan kurang jelasnya kontur serta warna bayangan akibat dari katarak yang memudarkan cahaya yang akan masuk ke mata. Lakukanlah uji sensitivitas kontras untuk mengetahui tingkat sensitivitas kontras. Dianjurkan berkonsultasi ke dokter spesialis mata bila sensitivitas kontras berkurang.

Bagi Anda yang mempunyai tingkat risiko yang tinggi terhadap penyakit diabetes, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa mengalami gejala seperti, tampaknya bola lampu di malam hari hanya dengan satu mata.

Penyebab

Biasanya katarak akan terjadi seiring bertambahnya umur atau adanya proses degeneratif. Untuk mereka yang mempunyai usia lanjut untuk lebih waspada terhadap serangan katarak ini, karena sebagian besar yang terkena adalah mereka yang usianya lanjut.

Kemampuan mata akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, begitu juga sebaliknya dengan kejernihan mata serta ketebalan mata. Komponen yang terdapat dalam lensa adalah serat protein beserta air. Seiring berjalannya waktu dan usia yang semakin bertambah, maka akan terjadi perubahan pada komposisi mata dan penurunan struktur pada serat protein. Akan terjadi penggumpalan pada beberapa serat protein sehingga dalam lensa mata akan terbentuk noda.

Baca juga :   Beberapa Macam Obat Flu

Pencegahan

Kemungkinan untuk terserang katarak dapat Anda kurangi dengan langkah berikut:

  • Hindari rokok
  • Konsumsilah makanan dalam jumlah gizi yang seimbang.
  • Berikan perlindungan mata dari terik sinar matahari.
  • Secara umum jagalah kesehatan tubuh.



loading...

Artikel terkait Waspadai Penyakit Katarak