Wanita Muda Bisa Juga Terkena Osteoporosis



osteoporosisKesehatan tulang bagi wanita sangat diperhatikan, karena mereka bisa terserang osteoporosis dengan mudah. Seorang wanita harus mengerti benar dengan penyebab dan gejala osteoporosis. Bukan hanya itu saja, pembelajran sejak dini pun harus dilakukan. Pertanyaannya sekarang adalah, kapan waktu yang tepat bagi seorang wanita muda berpikir tentang kesehatan tulangnya? Serta, kapan sebenarnya osteoporosis dimulai?

Kedua pertanyaan tadi adalah merupakan pertanyaan yang harus diperhatikan benar. Karena sebenaranya banyak fakta tentang ostoporosis yang harus diketahui oleh setiap wanita dari dini. Kita tahu bahwa osteoporosis merupakan kondisi dimana tulang mulai melemah, dan bisa menyebabkan patah tulang. Berikut akan ditampilkan beberapa fakta yang harus diketahui setiap wanita tentang osteoporosis.

Osteoporosis bukan penyakit yang hanya menyerang wanita lansia

Memang benar bahwa kebanyakan osteoporosis paling sering dialami oleh wanita lansia, namun hal itu salah karena bisa saja seorang wanita yang masih muda terkena penyakit ini. osteoporosis merupakan suatu penyakit dimana penderita kehilangan masaa tulang ke tingkat tertentu, yang ditentukan oleh puncak massa tulang ideal. Waktu seorang wanita mengalami massa puncak tulang ideal yaitu saat berumur dua puluhan, dan setelah massa puncak terjadi, maka tulang akan mengalami penurunan kondisi. Jika seorang wanita muda tidak mencapai puncak massa tulang ideal mereka, maka osteoporosis dapat berkembang lebih cepat dari normalnya.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk meminamilisir osteoporosis untuk wanita yang masih muda adalah dengan konsumsi cukup kalsium. Untuk wanita yang berusia 9 sampai 12 tahun, baiknya konsumsi selalu kalsium setiap hari.

Hal yang paling disayangkan pada wanita muda sekarang adalah, mereka tidak mengkonsusmsi asupan kalsium dengan teratur.  Karena jika tanpa asupan kalsium yang baik dan teratur, akan mengakibatkan kepadatan tulang menjadi tidak optimal, yang bisa menyebabkan osteoporosis datang lebih cepat.

Konsumsi kalsium yang teratur dan hindari minuman ringan penyebab penurunan penyerapan kalsium

Sedari sekarang bagi Anda wanita yang masih muda, konsumsi susu 3 kali sehari saja atau ditambah dengan konsumsi produk susu seperti yogurt saja, serasa sudah cukup. Dan perlu diingat jangan mengkonsumsi minuman ringan terlalu banyak. Hal ini dikarenakan beberapa minuman ringan menyebabkan penurunan penyerapan kalsium, dan bahkan bisa melukai organ tubuh lain. Perlu diketahui bahwa minuman ringan yang mengandung asam fosfat bisa merusak kemampuan usus untuk menyerap kalsium dalam tubuh.

Menjaga tulang dari dini akan membuat Anda lebih siap untuk menghadapi masa tua nanti. Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi, serta berolahraga teratur, juga harus dilakukan agar tetap sehat selalu.

 

 




Wanita Muda Bisa Juga Terkena Osteoporosis | mysite | 4.5