Home » Wanita » Wanita Lebih Beresiko Terkena Penyakit Akibat Konsumsi Alkohol

Wanita Lebih Beresiko Terkena Penyakit Akibat Konsumsi Alkohol



Gangguan Penyakit Akibat AlkoholTahukah Anda bahwa sebenarnya wanita beresiko lebih tinggi terkena penyakit akibat konsumsi alkohol, daripada pria? Menurut sebuah penelitian dari NIAAA, sebuah institut nasional yang menangani tentang penyalahgunaan alkohol berpendapat bahwa wanita memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit akibat alkohol, seperti kerusakan otak, jantung atau hati daripada pria.

Menurut NIAAA, wanita mencapai konsentrasi alkohol dalam darah lebih tinggi dan bisa mengakibatkan suatu gangguan penyakit, daripada pria yang sama-sama mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sama.

Alkohol dan Perbedaan Gender

Menurut direktur NIAAA Henokh Gordis, MD, yang berpendapat bahwa perbedaan gender untuk resiko penyakit akibat alkohol itu memang benar adanya. Wanita saat mengkonsumsi alkohol penyerapan dan sistem metabolismenya berbeda daripada pria. Wanita pada umumnya mencapai konsentrasi alkohol yang lebih tinggi dalam darah, setelah minum dalam jumlah setara dengan alkohol yang dikonsumsi pria.

Efek Alkohol Pada Kesehatan Wanita

Berikut ini adalah beberapa gangguan penyakit pada bagian tubuh wanita, di mana wanita mengalami efek lebih buruk daripada pria yang sama-sama minum alkohol pada tingkat yang sama seperti wanita:

Baca juga :   Alat Kontrasepsi Wanita Berdasarkan Usia

Kerusakan hati – Dibandingkan dengan pria, wanita mengalami penyakit hati selama periode waktu yang lebih cepat dan setelah kurang mengkonsumsi alkohol. Wanita juga berpotensi lebih bisa mengembangkan hepatitis alkoholik dibandingkan pria dan jika sudah parah, bisa meninggal karena sirosis.

Kerusakan Otak – Wanita juga mungkin lebih rentan terkena kerusakan otak akibat alkohol dibandingkan pria. Dengan menggunakan MRI, para peneliti telah menemukan bahwa daerah otak yang terlibat dalam mengkoordinasikan beberapa fungsi otak secara signifikan lebih kecil pada wanita yang suka minum alkohol dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi alkohol atau pun dengan pria yang minum alkohol.

Penyakit Jantung รข?? Banyak dari peminum berat, menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah konsumsi alkohol yang sama terkait penyakit otot jantung (kardiomiopati) baik untuk pria dan wanita, wanita lebih beresiko terkena.

Kanker Payudara – Banyak studi yang menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dari tingkat sedang sampai berat dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara, meskipun satu penelitian terbaru tidak menemukan bahwa risiko kanker payudara meningkat karena konsumsi alkohol satu minuman per hari. Namun perlu dicatat untuk selalu berhati-hati, dan jangan mengkonsumsinya terlalu banyak atau lebih bagus tidak mengkonsumsinya.

Baca juga :   Segudang Manfaat Buah Kiwi Untuk Kulit

Gangguan atau Kecelakaan Lalu Lintas – Meskipun wanita cenderung lebih rendah daripada pria terkait mengemudi setelah minum alkohol dan mengakibatkan resiko kecelakaan, namun wanita lebih tinggi potensinya untuk mengalami suatu kecelakaan, atau bahkan kematian pada tingkat alkohol yang sama seperti pria. Menurut sebuah studi di laboratorium tentang efek alkohol yang menanggapi tentang isyarat visual dan tugas lainnya menyarankan bahwa mungkin perbedaan gender mempengaruhi kinerja mengemudi. Wanita yang mengemudi dengan keadaan mabuk, lebih beresiko kecelakaan dari pria.

 




loading...

Artikel terkait Wanita Lebih Beresiko Terkena Penyakit Akibat Konsumsi Alkohol

cewek minum miras. kenapa kalo haid perutku kembung.