Home » Wanita » Video Senam Hamil dan Manfaatnya

Video Senam Hamil dan Manfaatnya



Masih berkembang mitos yang mengatakan bahwa wanita hamil tidak boleh banyak bergerak dan banyak-banyak istirahat. Itu tidak sepenuhnya benar yang tidak boleh bagi ibu hamil adalah kecapaian sedangkan aktifitas sehari-hari tetap boleh dijalankan, bahkan dianjurkan untuk berolahraga secara teratur.

Olahraga yang direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan adalah senam hamil. Sebelum membahas tentang manfaat senam hamil silahkan lihat video senam hamil dibawah ini terlebih dahulu.

Salah satu tujuan dilakukannya senam hamil adalah supaya ibu tetap bugar selama kehamilan dan menguatkan otot-otot yang berperan saat persalinan sehingga diharapkan dapat melahirkan secara normal. Kebanyakan rumahsakit bersalin sudah menyediakan kelas senam hamil namun dilakukan sendiri dirumah juga tidak apa-apa. Bagi yang menginginkan pengawasan dan pengarahan ahli senam hamil, dikota-kota besar sekarang sudah banyak tumbuh pusat-pusat senam hamil dengan berbagai metode seperti pilates, yoga dan lain-lain.

Manfaat senam hamil antara lain:

1. Ibu hamil akan mendapat sesi latihan pernafasan sebagai latihan dalam persalinan maupun untuk tujuan relaksasi. Relaksasi ini bermanfaat pada kesehatan selama kehamilan dan melatih agar ibu bisa istirahat diantara dua kontraksi pada saat bersalin.

Baca juga :   Perawatan Rambut Dengan Masker Alami

2. Melatih sikap tubuh yang benar sehingga dapat mengurangi keluhan dan kesakitan selama kehamilan akibat dari perubahan dalam tubuh, misalnya pada tulang belakang. Sikap tubuh yang baik juga bisa membuat peredaran darah menjadi lancar dan paru-paru bisa mengembang sempurna sehingga lebih banyak oksigen yang masuk kedalam tubuh.

3. Gerakan aerobik menguatkan dan menambah elastisitas otot sehingga lebih bugar dan sehat, melatih jantung dan paru-paru serta meningkatkan oksigen yang beredar dalam darah.

4. Latihan-latihan kegel yang ditujukan untuk memperkuat otot-otot bokong dan panggul terutama daerah jalan lahir dan perineum untuk mempersiapkan persalinan secara fisik dan mental serta dapat mengurangi masalah sembelit dan wasir yang biasa dialami ibu hamil.

5. Dengan meningkatnya kesehatan ibu diharapkan juga berpengaruh terhadap kesejahteraan janin dalam kandungan.

Dengan banyaknya manfaat kesehatan yang bisa didapat dari senam hamil, tidak ada alasan melewatkan senam hamil. Latihan yang disarankan yakni minimal 30 menit setiap hari dengan intensitas moderat. Latihan ini akan aman bagi ibu hamil yang didiagnosis tidak mempunyai masalah dalam kehamilannya.

Baca juga :   Kekurangan Asam Folat Dapat Menyebabkan Bayi Terlahir Cacat

Aktif selama kehamilan sangat disarankan terutama berolahraga, olahraga yang tidak diperbolehkan adalah olahraga yang menimbulkan banyak benturan dan menyelam karena dapat menimbulkan dekompresi pada janin.




loading...

Artikel terkait Video Senam Hamil dan Manfaatnya