Home » Tips Sehat » Tips untuk Tidur Lebih Lelap

Tips untuk Tidur Lebih Lelap



tidur pulas nyenyakApa yang anda pikirkan jika melihat seseorang berwajah pucat, lemas, tidak bergairah dan pandangan kosong? Mungkin akan keluar komentar: “anemia”,”cacingan” atau “masa depan suram!”

Kurang tidur beberapa jam saja setiap malam sangat berpengaruh pada kesehatan di esok harinya. Badan akan terasa lemas, konsentrasi menurun dan kurang bergairah. Berikut ini adalah beberapa cara supaya tidur lebih lelap dan berkualitas:

1. Jangan rubah jam tidur terlalu jauh

Apabila biasanya anda tidur jam 12 atau jam 1 pagi, jangan rubah jam tidur ini menjadi jam 9 malam secara langsung. “Jika anda biasa tidur pada jam yang sama setiap malam, mencoba tidur lebih awal akan menimbulkan stres yang membuat anda membutuhkan waktulebih lama untuk mengantuk dibandingkan dengan biasanya”, ditambah lagi semakin lama anda membuka mata di tempat tidur diasosiasikan dengan bangun lebih sering dimalam hari Kata Kenneth P. Wright Jr, Ph.D., direktur Sleep dan Chronobiology Laboratory di University of Colorado

2. Olahraga tapi jangan dekat dengan waktu tidur

“Anda mungkin merasa segar setelah berolahraga ringan, namun otak anda berdengung. Suhu tubuh yang tinggi setelah berolaharaga membuat anda sulit menenangkan diri”. kata Stephanie Silberman A., Ph.D., dari Cooper City, Florida. Jika anda suka olahraga atau hanya punya waktu olahraga pada sore hari, lakukan setidaknya 4 jam atau lebih sebelum tidur. Jika jadwal anda hanya mungkin untuk berolahraga pada malam hari jam 10, mandilah dengan air dingin sesudahnya untuk mempercepat penurunan suhu tubuh.

3. Jaga agar suhu kamar tetap sejuk

Anda akan lebih cepat dan tertidur lebih lelap apabila suhu tubuh turun, kata Silberman. Tampaknya tubuh kita dirancang dengan suhu hangat kemudian mulai turun saat tertidur, bukannya mempertahankan kehangatan atau kesejukan yang stabil.

Jadi tipsnya supaya tidur lebih  nyenyak dan mudah, mandi sebelum tidur dan kemudian bersiap untuk tidur dengan udara kamar yang sejuk (sekitar 3 derajat dari suhu siang hari normal yang anda suka).

4. Tidur siang itu baik

Jika memungkinkan dan pekerjaan anda membolehkan tidur pada waktu siang, cobalah untuk istirahat sejenak pada jam 1-3 siang. 15 menit sampai 30 menit tidur siang sudah cukup untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Jika anda tidur lebih lama, anda akan bangun dari tidur terlalu lelap dan merasa sedikit mengantuk. Tapi jika anda lelah, tidur 90 menit tidak menjadi masalah, kata Jena Pitman-Leung, Ph.D seorang ahli tentang masalah tidur dari shift-work consulting company Circadian di Stoneham, Massachusetts. Jika akan tidur siang selama 20 menit maka set alarm 30 menit dengan asumsi anda membutuhkan waktu 10 menit untuk tertidur dan anda akan mendapatkan kebaikan manfaat tidur siang.

5. Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda

Memang benar kebanyakan orang membutuhkan tidur 6-8 jam setiap hari tetapi banyak juga orang yang membutuhkan waktu tidur malam yang lebih lama dan sebagian orang tidak perlu tidur selama itu untuk bisa bangun dalam keadaan segar dipagi hari.

Jangan karena kebanyakan orang tidur 6-8 jam kemudian anda merubah lama tidur anda. Ketahui berapa jam waktu yang anda butuhkan. Sesekali saat liburan jangan atur alarm dan hitung berapa jam yang dibutuhkan untuk tidur sampai anda benar-benar segar saat bangun.

6. Matikan lampu

Cahaya menekan produksi hormon tidur melatonin. Cahaya dari peralatan elektronik termasuk laptop, TV, Handphone dan komputer tablet juga dapat menurunkan produksi hormon melatonin. Selain itu, Scads studi menunjukkan bahwa paparan cahaya di malam hari dapat meningkatkan risiko untuk kanker.




loading...

Artikel terkait Tips untuk Tidur Lebih Lelap

agar tidur terasa lama. cara merubah jam tidur setelah liburan. tidur 1 menit terasa 1 jam.