Home » Penyakit dan Terapi » Tips Sehat » Tips untuk Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Tips untuk Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat



Obat penurun kolesterol dijadikan acuan oleh beberapa orang yang malas untuk menurunkan kolesterol. Cara yang dilakukan adalah pendekatan konservatif seperti pola gaya hidup yang perlu dirubah. Dari penelitian disebutkan bahwa orang dewasa yang berusia 45 tahun lebih, sekitar 25 persennya memakai obat penurun kolesterol dengan golongan statin. Padahal, efek samping yang dapat timbul jika mengkonsumsi obat kolesterol adalah terjadinya penurunan gairah seksual.

Journal of the American Medical Association memuat studi baru tentang pembuktian bahwa untuk menurunkan kolesterol cukup dengan melakukan perubahan pola makan saja, terutamanya buat Anda yang tidak memiliki faktor risiko penyakit jantung. Dalam penelitian ini melibatkan sekitar 345 orang yang memiliki nilai kolesterol tinggi. Selama 6 bulan mereka semua diminta untuk menjalani 2 bagian pola makan yang rendah kolesterol.

Bagian pola makan yang pertama, dengan mengkonsumsi makanan yang rendah asam lemak jenuh. Makanan yang mengandung asam lemak jenuh dengan kadar rendah adalah sayuran, buah dan susu yang rendah lemak. Para partisipan diminta untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Dalam kelompok yang kedua, para partisipan diberi pengetahuan oleh ahli gizi untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol, contohnya kacang-kacangan, kedelai dan oat. Hasil yang didapat dalam kelompok ini yaitu terjadinya penurunan kolesterol 3 kali lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelompok yang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh dengan kadar rendah. Walaupun demikian, kedua kelompok ini sudah dapat menurunkan kolesterol sama seperti mereka yang mengkonsumsi obat antikolesterol.

Supaya dapat menurunkan kolesterol, Anda dapat mengaplikasikan beberapa cara berikut dalam pola makan sehari-hari:

1. Sarapan

Menu untuk sarapan pada kelompok pertama mengkonsumsi sereal yang rendah lemak, sedangkan pada kelompok kedua menu sarapannya sereal oat ditambah selai stroberi.

2. Camilan Pagi

Anda dapat menambahkan camilan untuk mengganjal rasa lapar pada saat hari menjelang siang. Untuk camilan Anda sebaiknya konsumsilah buah-buahan seperti anggur, pepaya, semangka dan apricot. Anda juga bisa menambah variasi dengan menambahkan kacang almond serta susu kedelai. Bila Anda merasa bosan, Anda dapat membuat bahan-bahan tadi menjadi smoothie dengan cara diblender.

3. Makan siang

Untuk makan siang kedua kelompok tersebut mengkonsumsi roti lapis yang dibuat dari roti serelia yang utuh. Campurkan juga bahan-bahan seperti daun selada, potongan mentimun, tomat dan tahu. Variasi yang lain, Anda dapat mengkonsumsi gado-gado atau pecel tapi tanpa nasi.

4. Camilan siang

Anda perlu membawa buah-buahan yang segar untuk camilan siang, seperti pepaya dan pisang. Bisa juga dengan menambahkan oatmeal atau yogurt, namun Anda perlu menghindari kue kering serta cake.

5. Makan malam

Pasta merupakan pilihan yang tepat dan sehat untuk makan malam Anda. Disarankan juga untuk sumber protein yang baik adalah ikan, tempe dan tahu.




loading...

Artikel terkait Tips untuk Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat