Home » Tips Sehat » Tips untuk Melawan Kulit Kering

Tips untuk Melawan Kulit Kering



Siapa saja pastinya menginginkan mempunyai kulit yang sehat. Dengan adanya pola hidup yang ada dikota-kota serta adanya perubahan iklim yang terjadi akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan kulit, dimana kelembaban kulit menjadi berkurang sehingga kulit menjadi lebih kering.

Menurut salah seorang spesialis kulit, Dr. Nadia Yusaryahya, â??Kulit kering harus dicegah. Pada kulit kering bakteri mudah masuk sehingga menyebabkan infeksi.â?

Walaupun kita di daerah yang tropis dengan suhu yang hangat, namun tidak sedikit orang yang bekerja dengan lingkungan kerja dalam ruangan dingin. Adanya kondisi tersebut menjadi penyebab terjadinya kulit, kulit pecah-pecah serta munculnya rasa gatal. Berikut ada beberapa tips yang pernah dijelaskan oleh American Academy of Dermatology supaya kelembaban kulit dapat terjaga.

1. Mandilah menggunakan air dingin

Manfaat dengan mandi menggunakan air hangat adalah membuat rileks. Namun, air hangat bisa menyebabkan kulit menjadi lebih mudah mengering. Kondisi ini menyebabkan terhapusnya minyak alami pelindung oleh air hangat. Oleh sebab itu, mulailah terbiasa mandi menggunakan air dingin. Jika Anda menginginkan mandi menggunakan air hangat, lakukanlah proses mandi dengan cepat.

2. Pilihlah sabun

Setelah mandi seharusnya Anda mendapatkan kulit yang lembut serta kenyal. Bila Anda merasa kulit menjadi tertarik atau kering, hal itu bisa jadi pertanda bahwa sabun Anda perlu diganti. Jika tipe kulit Anda adalah kulit kering,  gunakanlah sabun yang mengandung pelembab. Sebelum Anda menemukan sabun yang sesuai dengan kulit, biasanya diperlukan beberapa percobaan sampai benar-benar menemukan yang tepat. Anda perlu terbiasa dengan menggunakan sabun di daerah tertentu, contohnya kaki, sekitar paha, ketiak, dan wajah.

3. Gunakan pelembab

Setelah mandi adalah waktu yang baik untuk menggunakan pelembab, karena kondisi kulit masih lembab sehingga akan memudahkan zat pelembab untuk diserap serta dikunci. Bentuk pelembab yang paling baik bagi kulit kering adalah krim. Disarankan untuk memilih produk yang terbebas dari parfum. Pakailah pelembab yang mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin E untuk wajah.

4. Cukup mengkonsumsi air

Walaupun secara langsung tidak ada kaitannya, tapi dengan cukup mengkonsumsi air membuat  metabolisme menjadi lancar dan menghilangkan toksin yang akan menjadikan tubuh dalam kondisi sehat dan juga fit.

â??Pada kulit kering cirinya itu agak bersisik, cracking, dan mudah gatal. Kalau digaruk dan tangan tidak bersih, itu juga mempermudah masuknya kuman,â? tambah Nadia.




loading...

Artikel terkait Tips untuk Melawan Kulit Kering