Tips: Tetap Sehat Saat Liburan



liburan

Sesuatu yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak adalah liburan, karena mereka merasa liburan adalah sesuatu yang menyenangkan untuk bisa bermain bersama dengan teman-teman atau keluarga. Sebagai orangtua perlu mewaspadai bakteri dan virus yang berada di sekeliling anak, karena bakteri dan virus tersebut dapat menyebabkan anak menjadi sakit.

Semua orangtua tentunya tidak menginginkan kondisi tersebut dialami oleh anaknya. Selama liburan anak memiliki banyak aktivitas, untuk itu anak butuh perhatian lebih dari orang tua untuk menjaga kesehatan buah hati. Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi tubuh anak-anak agar tetap sehat selama liburan:

  1. Cukup istirahat. Dalam suasana liburan, kita cenderung tergoda untuk menghabiskan waktu dengan aktivitas padat yang menyenangkan. Istirahat yang cukup tetap perlu, khususnya bagi anak-anak, agar kekebalan tubuhnya bagus. Usahakan agar anak-anak mendapat tidur tambahan di sela-sela waktu menunggu kegiatan liburan, atau dalam perjalanan menuju ke lokasi liburan, mengingat mereka akan tidur malam lebih lambat di saat berlibur.
  2. Mencuci tangan. Usahakan untuk mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum, sebelum menyentuh makanan, dan sebelum beristirahat. Selain itu, sediakan juga hand sanitizer yang terbukti secara medis mematikan bakteri. Yang perlu diingat, hand sanitizer  tidak berfungsi untuk menggantikan cuci tangan dengan sabun (kecuali bila terpaksa sekali), tetapi berfungsi untuk melengkapi.
  3.  Cukup minum air putih. Kebanyak anak-anak belum memiliki kesadaran untuk meminum cukup air putih. Oleh karena itu, orang tualah  yang harus dengan sabar mengingatkannya untuk minum air putih. Kebutuhan air putih yang harus diminum untuk anak usia balita kira-kira 750 ml sampai 1000 ml per hari. Siapkan satu botol untuk setiap anak untuk meminimalisir penyebaran kuman dan memastikan setiap kecukupan konsumsi air putih tiap orang.
  4. Banyak makan buah dan sayur. Di dalam buah dan sayur mengandung vitamin C dan bioflavonoid yang mampu menjaga kekebalan tubuh anak-anak. Berikan motivasi agar anak-anak mau mengkonsumsi buah dan sayur yang telah kita sediakan. Agar lebih menarik, sajikan buah-buahan dalam bentuk sop buah, atau campurkan ke dalam vla puding.
  5. Mengkonsumsi multivitamin. Sumber nutrisi memang lebih baik berasal dari makanan alami yang kita makan. Tetapi saatnya pergi berlibur, pola makan dan pola istirahat berbeda dari hari-hari normal. Tentunya, kita membutuhkan perlakuan berbeda untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh anak-anak. Oleh karena itu, siapkan multivitamin khusus untuk dikonsumsi anak-anak beberapa hari sebelum pergi berlibur, selama liburan, dan beberapa hari sepulang dari berlibur.
  6.  Perlindungan tubuh. Kenakan selalu pelindung tabir surya, baju berlengan panjang, dan topi untuk mencegah kulit terbakar di lokasi wisata yang mataharinya bersinar penuh. Pakai kaca mata pelindung matahari. Selain melindungi mata dari debu, mengurangi kernyitan mata akibat silau, juga memperlambat proses katarak sesuai tingkat usia.
Baca juga :   Kandungan dan Manfaat Hewan Bekicot Bagi Kesehatan

 




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *