Home » Tips Sehat » Tips Supaya Tidur Lebih Nyenyak

Tips Supaya Tidur Lebih Nyenyak



tidur nyenyak

Sebelumnya kita telah membahas tentang insomnia dan obat-obatan yang dalam jangka panjang justru dapat memebuat seseorang menjadi lebih sulit tidur. Kali ini kami akan memberikan tips-tips supaya kita mendapat kualitas tidur yang lebih baik dan ini bisa menjadi â??pertolongan pertamaâ? sebelum anda menghubungi dokter atau psikiater terkait masalah kurang tidur.

Sebenarnya ada berbagai macam masalah tidur, tapi kita akan berfokus pada bagaimana cara supaya bisa memulai tidur dengan nyaman, berkualitas, dan nyenyak sampai pagi sehingga saat bangun tubuh menjadi lebih segar.

Pada dasarnya ada 2 hal yang perlu diperhatikan sebelum kita beranjak tidur yang pertama adalah dari kondisi diri kita sendiri dan yang kedua yaitu kondisi lingkungan. Jika kedua hal itu bersinergi maka hampir pasti kita mendapatkan kualitas tidur yang prima. Berikut adalah tips-tips supaya tidur nyenyak:

1. Cobalah untuk rileks.

Abaikan masalah-masalah yang sudah terjadi dan berhentilah memikirkan sesuatu yang mungkin anda alami besok. Anda bisa mencoba berbagai tehnik relaksasi untuk mengurangi ketegangan dan stress. Selan itu tidak ada salahnya mengaplikasikan tips merubah stress menjadi energi positif untuk digunakan sehari-hari sehingga tekanan yang kita alami di keseharian kita justru dapat meningkatkan kinerja kita disegala bidang.
2. Buatlah agar ruangan tempat kita tidur menjadi senyaman mungkin.

  • Jika memungkinkan turunkan suhu ruangan menjadi 18-22 derajat celcius. Ini adalah suhu yang optimal untuk tidur.
  • Aroma therapy yang bersifat relaxing juga dapat membantu. Pastikan sirkulasi udara cukup baik sehingga kita cukup mendapat oksigen (tidak disarankan membuka jendela).
  • Matikan/redupkan lampu. Banyak orang yang suka tidur dengan lampu menyala kebanyakan ini hanya masalah kebiasaan saja. Tidur dengan tanpa cahaya atau redup dapat merangsang hormon tidur, melatonin.
  • Kurangi kontak dengan sumber-sumber cahaya pada perangkat elektronik sebelum tidur seperti handphone, laptop, dan TV
  • Karena kita tinggal didaerah tropis maka nyamuk bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. Semprot ruangan dengan pembasmi nyamuk beberapa jam sebelum tidur, menggunakan perangkap nyamuk, atau menggunakan kassa nyamuk. Lakukan juga tindakan preventif pemberantasan nyamuk dengan 3M
  • Kurangi suara-suara yang menganggu
Baca juga :   Alasan Mengapa Harus Berhenti Merokok Mulai dari Sekarang

3. Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein, banyak lemak dan alkohol.

4. Biasakan untuk tidur tidak terlalu malam, jam 9 atau jam 10 adalah waktu tidur yang baik sehingga kita bisa bangun lebih awal dipagi hari.

5. Minum susu hangat yang dicampur dengan madu. Susu mengandung asam amino triptofan yang membantu mengistirahatkan sel.

6. Berhenti merokok

7. Olahraga

Olahraga terbukti dapat membuat mood lebih baik, menurunkan stress, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Tidak semua hal diatas harus dilakukan, inti dari semua tips diatas adalah bagaimana menciptakan suasana rileks dan nyaman baik itu yang berasal dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar tempat kita tidur.




loading...

Artikel terkait Tips Supaya Tidur Lebih Nyenyak