Home » Tips Sehat » Tips Sehat Saat Sahur Sampai Buka Puasa

Tips Sehat Saat Sahur Sampai Buka Puasa



buka puasaPuasa memiliki banyak manfaat kesehatan baik secara fisik dan mental. Puasa telah dipraktekan selama ribuan tahun dan hampir setiap agama mempunyai cara berpuasanya masing-masing.

Bagi umat islam, waktu puasa dimulai mulai dari waktu subuh sampai maghrib, atau kurang lebih 14 jam tanpa makan dan minum. Meskipun begitu ini bukan halangan untuk tetap produktif, berikut ini adalah tips sehat saat puasa:

Sahur

  • Teh hangat setelah bangun. Setelah bangun tidur biasanya kita masih mengantuk dan lidah masih kurang berselera menyantap makanan. Teh mengandung L theanin yang dapat membuat kita terjaga selama beberapa puluh menit kedepan. Rasa hangat air teh juga melancarkan aliran darah di lidah dan mulut sehingga kita lebih berselera makan sahur.
  • Makan karbohidrat kompleks. Yang termasuk karbohidrat kompleks adalah beras, kentang, gandum. Jenis karbohidrat ini lebih lama dicerna sehingga lebih awet kenyang disiang hari.
  • Cukup serat. Selain baik untuk pencernaan, serat juga memperlambat pelepasan glukosa dalam darah. Sumber serat yang baik berasal dari buah-buahan dan sayuran.
  • Minum yang cukup. Ini supaya tubuh terhidrasi dengan baik sebelum menjalankan puasa disiang hari. Total cairan yang dikonsumsi selama sehari semalam minimal delapan gelas sehari.
  • Santap sahur mendekati saat imsak.

Siang hari

  • Tidur jika memungkinkan. Bangun sahur dini hari memotong waktu tidur kita, terutama ibu rumah tangga yang harus mempersiapkan makan sahur sebelum anggota keluarga lain bangun. Jika mengantuk tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk tidur disiang hari sehingga setelah bangun, tubuh menjadi segar kembali.
  • Tetap aktif dan jangan malas-malasan. Pada saat puasa metabolisme menurun, jika kita menghabiskan waktu untuk tidur atau bermalas-malasan tanpa melakukan aktifitas, metabolisme tubuh justru makin menurun sehingga merasa lebih lemas. Isi waktu dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.
  • Hindari terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Terkena panas matahari terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk mengurangi panas tubuh pakai pakaian yang dingin dan mandi jika perlu.

Buka Puasa

  • Mulai dengan makanan atau minuman dengan kadar glukosa tinggi atau manis-manis karena glukosa mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi kita dengan cepat.
  • Jangan langsung makan besar. Setelah makan manis-manis biarkan beberapa menit supaya pencernaan dapat beradaptasi setelah belasan jam tidak aktif memproses makanan. Ada baiknya untuk membagi porsi makanan sedikit pada saat buka puasa dan dilanjutkan dua jam setelahnya atau selepas shalat tarawih.
  • Tetap hindari fast food. Sudah menjadi kebiasaan terutama anak muda untuk mencari makanan diluar saat bulan puasa. Banyaknya restoran fast food membuat tempat makan ini banyak dikunjungi pada saat bulan puasa. Fast food umumnya mengandung kolesterol, garam dan lemak yang tinggi dengan kandungan serat dan variasi gizi yang rendah. Tubuh memerlukan nutrisi optimal saat berbuka puasa bukan dengan makanan yang justru merusak kesehatan

Semoga tips sehat saat puasa diatas membantu mengurangi masalah-masalah yang mungkin timbul pada saat puasa dan membuat kita tetap produktif dan aktif sepanjang hari.




loading...

Artikel terkait Tips Sehat Saat Sahur Sampai Buka Puasa