Home » Tips Sehat » Tips Sehat Dalam Perjalanan Liburan

Tips Sehat Dalam Perjalanan Liburan



tips liburan sehatLiburan telah tiba, kita perlu istirahat. Menyegarkan pikiran dari rutinitas dan stres pekerjaan. Liburan seharusnya menyenangkan bukan malah membawa masalah baru atau menyibukkan anda dan keluarga. Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, persiapan diperlukan supaya anda bisa menikmati liburan dengan nyaman dan menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa tips sehat selama liburan:

Cukup tidur
Sudah sangat sering kita mendengar kecelakaan karena pengemudi mengantuk saat menyetir. Jika anda akan bepergian jauh tidurlah sampai anda merasa segar sebelum melakukan perjalanan. Terutama jika akan menempuh jarak yang jauh. Luangkan waktu sati atau dua jam untuk tidur saat berhenti untuk beristirahat juga disarankan kalau memang merasa lelah.

Persiapkan Kendaraan
Jika anda berlibur menggunakan mobil atau motor jangan lupa untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat. Cek kondisi mesin, air radiator, tekanan ban dan rem. Siapkan juga hiburan dalam perjalanan seperti membawa CD favorit. Mendengarkan musik bisa membuat kita lebih rileks dan tidak mudah lelah diperjalanan. Setel musik dengan volume sedang supaya kita tetap bisa mendengar kondisi jalan.

Obat
Kalau anggota keluarga anda menderita suatu penyakit, pastikan untuk mempersiapkan dengan baik obat-obat yang diperlukan. Obat-obat umum untuk pertolongan pertama dan multi-vitamin juga perlu dibawa jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Rencanakan Perjalanan
Perhitungkan hal-hal yang mungkin terjadi dalam perjalanan dengan baik. Yang perlu menjadi bahasan adalah jalur yang akan ditempuh, lama perjalanan, kemungkinan macet dan tempat dimana anda akan berhenti untuk istirahat dan makan terutama jika anda mempuyai anak.

Camilan sehat
Bawalah air mineral dan camilan sehat sebagai bekal dalam perjalanan baik untuk orang tua atau anak. Contohnya sayuran cincang, jus, yoghurt, permen karet tanpa kalori, roti selai kacang dan buah. Membawa bekal sendiri dari rumah selain lebih sehat juga bisa menghemat biaya perjalanan.

Istirahat
Rencanakan untuk istirahat beberapa menit setiap beberapa jam. Keluar dari mobil untuk melakukan peregangan, sedikit jalan-jalan atau menikmati bekal perjalanan. Selama perjalanan hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau minuman energi karena kafein dapat memberikan energi yang besar dalam waktu singkat, setelahnya energi akan turun bahkan bisa membuat anda lebih lelah dari yang seharusnya.

Makan tepat waktu
Meskipun sudah membawa camilan tetapi jangan lupa makan kalau memang sudah waktunya makan. Pilih-pilihlah tempat makan atau restoran di pinggir jalan. Hindari makanan cepat saji dan makanan yang mengandung lemak tinggi.

Semoga tips-tips diatas biasa membantu. Selamat berlibur, semoga liburan anda menyenangkan.




loading...

Artikel terkait Tips Sehat Dalam Perjalanan Liburan

tips saat perjalanan liburan.