Home » Tips Sehat » Tips Sederhana Mencegah Bau Mulut Selama Puasa

Tips Sederhana Mencegah Bau Mulut Selama Puasa



mencegah baumulutMelakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kita harus menahan lapar dan haus. Saat kita menahan lapar dan haus, ada satu gangguan yang biasanya dihadapi oleh orang yang melakukan puasa ini, dan gangguan itu adalah bau mulut atau yang disebut halitosis. Nah, jika bau mulut mulai menyerang, otomatis rasa percaya diri akan berkurang. Jika Anda mengalami hal ini, ada beberapa tips sederhana yang bisa membantu Anda untuk mencegahnya. Selain orang yang berpuasa, kegiatan ini juga bisa dilakukan oleh orang yang mengalami gangguan bau mulut.

Kegiatan mencegah bau mulut ini sangat sederhana dan gampang, serta secara bertahap dapat membantu Anda mengurangi halitosis Anda. Dan berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah bau mulut selengkapnya yang bisa anda lakukan.

Yang pertama, cara paling gampang adalah menyikat gigi dengan teratur, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Dan bagi yang berpuasa, sesudah sahur dan buka, dan sebelum tidur. Saat melakukan sikat gigi, selain menyikat gigi, ada bagian lain yang harus disikat, yaitu bagian lidah. Anda bisa menggunakan pembersih lidah, untuk menghilangkan plak dan makanan yang terjebak di lidah. Akhiri kegiatan menyikat gigi Anda dengan membilasnya dengan obat kumur atau air biasa.

Baca juga :   Tips: Tetap Sehat Saat Liburan

Jika Anda menderita kerusakan gigi, abses gusi dan gigi bengkak, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter gigi, untuk mendapat penanganan. Karena  kerusakan gigi, abses gusi, dan gigi bengkak, adalah salah satu penyebab bau mulut.

Cara mudah yang lain, untuk mencegah bau mulut adalah dengan mengunyah peterseli. Dan baiknya, dikunyah setelah makan. Peterseli ini mengandung klorofil, yang baik untuk penyegar napas.

Anda juga bisa meneteskan minyak peppermint langsung di lidah Anda, atau menggunakan minyak ini pada saat menggosok gigi bersama dengan pasta gigi Anda. Atau, memilih pasta gigi yang mengandung minyak peppermint ini juga bisa digunakan. Minyak peppermint ini, mempunyai sifat antibakteri yang dapat membantu dalam memerangi bakteri penyebab halitosis.

Berhenti merokok adalah salah satu cara lain agar bau mulut tidak terjadi, karena merokok dapat menyebabkan bau mulut.

Agar terbebas dari bau mulut, Anda harus menghindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang putih, bawang, kubis, rempah-rempah tertentu, dan kopi.

Baca juga :   Cara Mengatasi Jerawat Dengan Masker Jeruk Nipis

Mulut kering, atau xerostomia, merupakan salah satu faktor utama bau mulut. Cara mydah agar bibir tidak kering adalah banyak minum air putih dan makan buah segar yang banyak mengandung air. Atau saat puasa sudah berakhir, kunyah permen karet bebas gula dapat membantu memproduksi air liur lebih banyak, yang bisa mencegah bibir kering.

Cara sederhana tersebut bisa digunakan untuk mencegah bau mulut  agar tidak mengganggu percaya diri anda saat berpuasa ataupun setelah melakukan puasa.




loading...

Artikel terkait Tips Sederhana Mencegah Bau Mulut Selama Puasa