Tips Penyembuhan Ambeien atau Wasir



Wasir atau Ambeien

Apakah Anda sekarang sedang mengalami wasir atau ambeien? Penyakit ini adalah penyakit yang terjadi di anus, terjadi pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan. Tidak hanya rasa sakit yang dirasakan penderitanya tetapi juga muncul rasa malu dan minder karena mengidap penyakit ini.

Umumnya para penderita wasir mengalami kesulitan untuk buang air besar dan duduk, karena bila bibir anus atau sphinchter anus mengalami tekanan akan terasa sakit. Terkadang sulit diobati untuk penderita wasir parah sehingga perlu diberikan tindakan operasi pengangkatan wasir yang terkadang dapat memberikan efek samping yang kurang baik. Oleh karena itu, Agar mudah diobati wasir perlu ditangani dan diwaspadai.

Bila wasir tidak segera ditanggulangi, Anda bisa dibuat menderita seumur hidup. Jadi jangan acuhkan dan remehkan penyakit wasir atau ambeien yang Anda derita.

Jenis-jenis wasir atau ambeien

Ada dua macam wasir atau ambeien, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Untuk wasir dalam ada pembuluh darah di anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Wasir ini bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti wasir luar bila tidak segera ditangani.

Gejala yang terlihat dari wasir dalam adalah saat BAB atau buang air besar suka ada darah yang keluar dari anus. Bila sudah parah, wasir ini dapat menonjol ke luar dan akan terus membesar bisa mencapai sebesar bola tenis sehingga perlu diambil tindakan medis atau operasi untuk membuang wasirnya.

Umumnya wasir luar berhubungan dengan kulit, wasir luar ini merupakan varises di bawah otot. Biasanya pada pinggir anus, wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan yang terasa sakit dan gatal.

Faktor pemicu yang menyebabkan wasir atau ambeien

Anda perlu mewaspadai dan menghindari hal-hal yang dapat mengakibatkan wasir berikut ini:

  1. Terlalu lama duduk.
  2. Diare menahun.
  3. Kehamilan yang diakibatkan perubahan hormon.
  4. Mempunyai keturunan yang menderita wasir.
  5. Melakukan hubungan intim atau seks yang tidak wajar
  6. Mengalami sembelit yang menahun.
  7. Terjadi penekanan pada aliran darah vena.

Ciri khas atau gejala penyakit wasir/ambeien.

Supaya kita bisa mengatasi sedini mungkin penyakit wasir, sebaiknya kita mengenal dulu seperti apa penyakit ini. penderita wasir biasanya akan mengalami pendarahan pada dubur dengan warna darah merah muda dan akan mengalir atau menetes lewat lubang dubur atau anus.

Ketika buang air besar penderita akan merasa ada ganjalan pada anus sehingga sewaktu BAB penderita akan ngeden yang dapat memperparah wasirnya. Akibat virus atau bakteri yang menginfeksi dapat menyebabkan anus terasa gatal.

Mengatasi, mengobati serta menyembuhkan wasir.

Supaya wasir Anda dapat disembuhkan secara total, maka Anda perlu menjalankan beberapa tips untuk menyembuhkan wasir dan tentunya lakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Pola hidup Anda harus sehat.
  2. Lakukan olahraga secara teratur.
  3. Konsumsilah makan berserat.
  4. Perlu menghindari banyak duduk atau nongkrong di wc atau toilet terlalu lama.
  5. Hindari rokok, minuman keras serta narkoba.
  6. Hindari melakukan hubungan seks yang kurang wajar
  7. Cukup minum air putih.
  8. Kencing dan BAB jangan sampai ditahan.
  9. Jangan mengejan secara berlebihan.
  10. Jangan dipaksa jika tidak ingin melakukan BAB.

Semoga tips di atas bermanfaat dan lekas sembuh untuk penderita wasir atau ambeien.

 




Tips Penyembuhan Ambeien atau Wasir | mysite | 4.5