Home » Berat badan » Tips Sehat » Tips Ngemil Sehat

Tips Ngemil Sehat



ngemil yang sehatSiapapun pasti suka ngemil karena sifatnya yang ringan, apalagi kalau camilannya enak. Mengemil sembarangan merupakan kebiasaan buruk yang dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk.

Ngemil bisa menyehatkan bisa juga membawa dampak buruk untuk kesehatan. Yang membedakan antara ngemil sehat dan tidak sehat adalah jenis makanannya, jumlah dan waktunya.

Walaupun mengemil hanya memakan makanan ringan, namun tetap saja karena intensitas nya yang terlampau sering juga membuat tubuh anda menerima asupan makanan yang berlebih yang menyebabkan penimbunan lemak apa lagi kalau makanan yang jadi bahan ngemilan tersebut merupakan makanan yang buruk bagi kesehatan misalkan seperti gorengan, snack kering yang kaya akan penyedap dan mentega, serta makanan-makanan kecil lainnya yang mengandung terlalu banyak kalori kosong yang dapat kita temukan dimana-mana.

Adalah hal yang salah ketika seseorang mengemil setelah makan dengan alasan mengganjal perut padahal sebelumnya ia telah makan dan kenyang. Hal inilah yang ternyata membuat banyak orang yang hobi ngemil menjadi gemuk dan akhirnya di timpa berbagai macam penyakit yang dapat mengakibatkan kesulitan didalam menjalankan aktifitas kehidupan sehari-hari.

Jika memang anda sering melakukan kebiasaan tersebut, mulai sejak dini cobalah untuk perlahan meninggalkan kebiasaan itu dan beralihlah ke pola hidup yang sehat. Tips berikut ini mungkin dapat membantu anda mengurangi kebiasaan mengemil tidak sehat.

Baca juga :   Cara yang Efektif untuk Menghilangkan Lemak di Perut

Usahakan Makan disaat lapar dan berhenti sebelum kenyang

Disaat perut kita lapar dan membutuhkan makanan maka ada lebih baiknya anda langsung makan makanan berat walaupun jam makan belum tiba, makanlah secukupnya saja tidak berlebihan dan tidak kurang. Makanan berserat selain menyehatkan juga menjaga agar perut awet kenyang sehingga kemungkinan untuk ngemil tidak sehat lebih kecil..

Ubah lah pola makanan yang bergizi dan menyehatkan

Jika selama ini anda lebih menyukai fastfood, maka gantilah makan tersebut dengan makanan yang empat sehat lima sempurna karena makananan seperti ini mampu mengenyangkan perut anda jauh lebih lama ketimbang fastfood yang penyajiannya cepat namun membuat anda juga cepat lebih lapar dari biasanya.

Tips supaya ngemil lebih sehat

Seperti dikatakan sebelumnya, ngemil yang sehat harus memperhatikan jenis camilannya, waktu ngemil dan jumlahnya.

Jenis camilan

Pilih camilan yang nutrisinya tidak hanya berisi karbohidrat saja tetapi juga mengandung protein, serat, mineral dan vitamin. Contoh camilan yang sehat adalah sayur dan buah. Camilan yang terlalu banyak mengandung minyak dan lemak juga perlu dikurangi.

Baca juga :   6 Hal yang Mengganggu Konsentrasi Saat Bekerja

Waktu

Waktu yang paling baik untuk ngemil yaitu saat lapar disela-sela jam makan. Mengapa? karena pada saat lapar berarti tubuh sedang memberitahu bahwa perlu ada asupan makanan. Kalau pada saat lapar tidak mendapat makanan maka tubuh akan sedikit menurunkan metabolismenya untuk menghemat tenaga, hasilnya pada saat lapar kita merasa sedikit lemas dan lebih mungkin kehilangan konsentrasi. Makan camilan sehat saat lapar disela-sela jam makan mengembalikan kondisi tubuh ke keadaan semula.

Jumlah camilan

Camilan adalah camilan, bukan makan utama jadi jangan sampai ngemil sampai kenyang. Sebagai pengusir kebosanan disaat-saat senggang camilan juga harus dibatasi. Contoh ngemil yang sehat: Satu buah apel yang dipotong-potong, 4-6 buah anggur sekali ngemil, satu bungkus kecil kuaci biji bunga matahari dll.




loading...

Artikel terkait Tips Ngemil Sehat

kwaci bunga matahari bikin gemuk. makan kuaci bikin gemuk. apakah makan kuaci jadi gemuk. ngemil kwaci bikin.