Home » Tips Sehat » Tips Menurunkan Kolesterol

Tips Menurunkan Kolesterol



Tips Menurunkan Kolesterol

Tips Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan suatu molekul yang terdapat di dalam sel yang dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol serta trigliserida. Sebenarnya kolesterol merupakan salah satu komponen lemak. Di samping zat gizi lain seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, zat gizi lain yang diperlukan oleh tubuh kita adalah lemak. Sumber energi kalori paling tinggi adalah dari lemak. Selain sebagai salah satu energi, zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh adalah dari kolesterol atau lemak.

Bahan dasar dari pembentukan hormon-hormon steroid juga dari kolesterol. Dalam jumah yang tepat, kolesterol yang kita butuhkan secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh. tetapi untuk jumlahnya sendiri dapat meningkat karena adanya asupan makanan yang asalnya dari lemak hewani, telur dan dari makanan junkfood.

Kondisi yang dapat terjadi jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak dan akan tertimbun dalam dinding pembuluh darah adalah terjadinya penyempitan atau pengerasan pembuluh darah atau sering disebut dengan kondisi aterosklerosis. Terjadinya penyakit jantung dan stroke bermula dari kondisi seperti ini.

Penyebab Kolesterol

Banyaknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan tinggi lemak, seperti makanan cepat saji, makanan berminyak dan bersantan, serta gula berlebih dan alkohol.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Bau Badan dan Ketiak

Tips Menurunkan Kolesterol:

-       Konsumsi makanan dan minuman berminyak harap dihindari atau dikurangi dan juga yang mengandung kolesterol tinggi. Contoh, kepiting, udang, jeroan, kacang-kacangan, cokelat, gula, margarin, minyak, santan, daging, dan kerang.

-       Olahraga, menurut guru besar FK UI Prof. Dry. Walujo S. Soerjodibroto, Ph.D mengatakan bahwa tubuh manusia sangat susah mengeluarkan kolesterol. Secara paksa kolesterol harus dikeluarkan agar tidak terjadi penumpukan. Caranya adalah dengan perbanyak melakukan aktivitas fisik. Setiap hari minimal melakukan olahraga 20 menit.

-       Memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sayuran dan buah merupakan jenis makanan yang banyak mengandung serat, sehingga sayuran dan lemak dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol. Fungsi dari serat adalah mengikat kolesterol dalam darah sehingga tak beredar. Perlu Anda perhatikan untuk sayuran yang banyak mengandung vitamin C cukup direbus setengah matang karena sayuran yang banyak mengandung vitamin c bila direbus matang vitaminya akan hilang. Vitamin C sendiri sebagai pengatur keseimbangan atau homeostatis. Sayuran dan buah dapat dibuat jus, minumlah bersama ampasnya karena ampas merupakan sumber serat yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol:

1. Bawang Putih

Baca juga :   Musik Mp3 Dapat Menurunkan Pendengaran

Selama satu bulan jika secara kontinyu mengkonsumsi bawang putih sebanyak setengah sampai satu suing sehari mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Dosisnya sendiri perlu Anda perhatikan, sebab jika terlalu banyak juga tidak baik buat kesehatan. Dapat terjadi diare, kentut, sebah, dan demam bila Anda mengkonsumsi lebih dari tiga suing setiap hari. Bahkan peradarahan lambung dapat terjadi.

2. Tempe

Walaupun dari rumpun kacang-kacangan tapi tempe sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol. Daripada kedelai, tempe memiliki niacin 5x lebih banyak dari kedelai. Kandungan isoflavon yang terdapat dalam tempe juga terbukti mampu menurunkan kolesterol.

3. Teh

Adanya penelitian dari EGCG (epigallocatechin gallate) merupakan komponen bioaktif yang paling dominan dalam teh sudah terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol jahat.

4. Anggur

Kandungan zat catechin dalam anggur sangat baik menurunkan kolesterol.

5. Apel

Sebaiknya konsumsi apel dengan kulitnya, karena banyak mengandung pectin yang sangat ampuh menurunkan kolesterol dan antioksidan paling banyak.

6. Alpukat

Untuk menurunkan kolesterol jahat, buah ini mengandung asam lemak tak jenuh.

 




loading...

Artikel terkait Tips Menurunkan Kolesterol