Home » Tips Sehat » Wanita » Tips Menghilangkan Ketombe

Tips Menghilangkan Ketombe



Penyebab yang paling umum dari ketombe adalah dermatitis seboroik. Seorang pengarang buku â??Smart Medicine for Your Skin: A Comprehensive Guide to Understandingâ?, Jeanette Jacknin menjelaskan dalam bukunya tentang kelenjar minyak yang terdapat pada kulit secara berlebihan akan mendorong rasa gatal pada kulit kepala, kulit menjadi berminyak dan sel-sel kulit menjadi mati. Ketombe dapat menjadi buruk ketika cuaca sedang dingin, kemunculan ketombe menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri.

Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk menghilangkan ketombe:

Langkah 1

Pakailah kedua produk sampo yang mengandung zinc dan sampo anti ketombe yang di dalamnya terdapat kandungan selenium sulfida. Keduanya dapat Anda gunakan secara bergantian setiap hari. Menurut Jacknin, diamkanlah sampo beberapa menit pada rambut kemudian bilas dengan air bersih.

Langkah 2

Gunakanlah vitamin E secara langsung pada kulit kepala, kemudian lakukanlah pemijatan pada akar rambut. Diamkanlah kurang lebih 10 menit. Menurut Jaknin, kandungan minyak pada vitamin E mampu melunakkan kulit kepala.

Langkah 3

Konsumsilah setiap hari vitamin A, vitamin B12, dan suplemen biotin. Pemakaian harus sesuai dengan dosis yang tertera pada label. Jacknin menjelaskan bahwa asupan suplemen setiap hari membantu dalam mengurangi ketombe.

Baca juga :   Workout Trainer : Pelatih Olahraga dalam Ponsel Android

Langkah 4

Manfaatkanlah teh kental akar burdock untuk meringankan ketombe, teh jenis ini dapat Anda peroleh di toko kesehatan. Didihkanlah teh burdock ke dalam panci, biarkan kurang lebih 20 menit sampai mendidih. Setelah mendidih, saringlah teh menggunakan saringan kemudian biarkan sampai dingin. Dalam bukunya Phyllis A. Balch yang berjudul â??Prescription for Herbal Healingâ?, dijelaskan bahwa membilas rambut dengan menggunakan teh burlock membantu menghilangkan ketombe. Minyak yang dihasilkan akar burlock mengandung asam lemak esensial yang berguna untuk mengatasi ketombe.

Langkah 5

Campurkanlah 2 sendok teh minyak pohon teh dengan 1 liter air. Campuran tersebut sangat baik untuk akar rambut. Menurut Balch, campuran tersebut berguna untuk mengurangi infeksi jamur pada kulit kepala.

TIPS DAN PERINGATAN

Rekomendasi dari Balch yakni, perbanyaklah konsumsi buah segar dan sayuran, ikan yang mengandung lemak esensial. Makanan yang perlu dihindari yakni makanan yang diproses dan makanan yang banyak mengandung gula halus. Seringlah mencuci rambut, dan perlu menghindari sampo yang berminyak.

Sebaiknya jangan menggaruk kulit kepala, karena ini hanya akan memperburuk keadaan saja. Sebelum Anda melakukan pengobatan secara alami maupun dengan suplemen nutrisi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Baca juga :   Tes Kehamilan Dengan Test Pack



loading...

Artikel terkait Tips Menghilangkan Ketombe