Tips Mengatasi Rambut Kering



Salah satu masalah rambut yang paling sering dialami wanita Indonesia adalah rambut kering. Perempuan di Indonesia sekitar 50% mengalami rambut kering. â??Rambut kering terjadi karena kurangnya kelembaban serta keseimbangan yang tepat antara protein dan minyak alami rambut,â? kata Hernie Raharja selaku Marketing Director Hair Care , dari PT Unilever Indonesia, Tbk.

Banyak orang yang merasa terganggu dengan rambut kering yang dialaminya. Biasanya rambut kering akan mudah kusut, jika rambut sudah kusut maka ujung-ujung rambutnya jadi mudah rontok. Banyak  yang salah memperlakukan rambut sehingga rambut yang awalnya normal akan menjadi kering. Lakukan tips berikut ini untuk mengatasi rambut kering:

1. Bilas menggunakan air dingin

Mandi dengan menggunakan air hangat atau mandi uap dan digunakan untuk membilas rambut akan menyebabkan kelembaban rambut berkurang. Untuk menjaga kelembaban rambut, gunakanlah air dingin untuk mandi.

2. Ketika tidur lepaskan ikatan rambut

Selama tidur biarkan saja rambut Anda terurai. Setela seharian melakukan aktivitas, rambut juga membutuhkan ruang untuk bernapas. Helaian rambut akan tertarik yang akan menyebabkan kerontokan, oleh sebab itu jangan terlalu kuat dalam mengikat rambut.

Baca juga :   Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan

3. Istirahatkan rambut dari penggunaan alat penataan rambut

Tidak hanya manusia yang membutuhkan waktu istirahat, rambut juga membutuhkan hal itu.  Ada alat perawatan rambut yang berefek panas pada rambut, contohnya blow dryer, alat pengering, dll, peralatan ini menyebabkan rambut semakin kering.

4. Perhatikan kondisi rambut

Telitilah dalam mengamati kondisi rambut, ini akan membantu Anda mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan rambut Anda sehat. Lakukanlah konsultasi dengan ahli dermatologi untuk mengetahui beberapa faktor itu.

5. Jangan melakukan keramas setiap hari

Dimungkinkan untuk mereka dengan rambut berminyak disarankan untuk keramas secara rutin setiap hari. Tapi sebaliknya, Anda jangan melakukan hal ini jika Anda mempunyai rambut kering. Minyak alami rambut akan terkuras jika Anda melakukan keramas setiap hari. Akhirnya, rambut akan kusam, kusut, dan kering. Setiap 2 hari sekali melakukan keramas dirasa sudah cukup.

6. Rambut yang basah jangan disisir

Pada saat masih basah, rambut kering relatif lebih rapuh. Rambut akan patah jika Anda menyisirnya dalam keadaan rambut masih basah. Baiknya, biarkan rambut sampai kering terlebih dahulu.

Baca juga :   Makanan Super untuk Wanita

7. Rambut yang dicat perlu dirawat

Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam cata akan menyebabkan rambut menjadi kering. Cermatlah dalam merawat rambut Anda. setiap kali keramas sebaiknya gunakan kondisioner, ini membantu melebabkan rambut. Jika ada uang lebih, Anda dapat menyisihkannya untuk melakukan perawata di salon, seperti masker rambut, creambath, dan hair spa.

Faktor yang mempengaruhi rambut kering ialah umur, genetic, dan pola makan dengan ditandai kurang halusnya rambut, kusut, dan sulit diatur. Semoga tips di atas bermanfaat.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *