Home » Penyakit dan Terapi » Tips Mengatasi Radang Tenggorokan

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan



Seringkali radang tenggorokan menyerang di saat kondisi kita sedang tidak baik atau tidak fit. Gejala dari radang tenggorokan seperti gatal, perih, suara serak, kering, bersin, batuk, pilek, dan parau.

Penyakit ini adalah gejala awal munculnya influenza, dan bagian yang diserang adalah saluran pernapasan atas. Virus adalah salah satu faktor yang menyebabkan penyakit ini. disamping itu diakibatkan oleh bakteri, rokok, alergi dan strepotongokokus.

Pengobatan yang dilakukan secara khusus sebenarnya tidak diperlukan untuk mengobati radang tenggorokan. Yang paling penting adalah kecukupan gizi supaya daya tahan tubuh dapat meningkat dan kondisi tubuh jadi pulih kembali.

Selain itu, cuaca dingin dan udara kering juga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi gatal dan memperbesar risiko terkena penyakit tenggorokan. Namun tidak usah khawatir atas kondisi tersebut karena bumbu-bumbu dapur dapat digunakan untuk mengatasinya.

Menurut salah seorang anggota Committee on Complementary and Integrative Medicine, dari Amerika, Benjamin Asyer, bahwa â??obat alami adalah solusi yang baik untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan, banyak obat alami untuk sakit tenggorokan dapat dibuat di rumah. Artinya, tidak harus keluar rumah dalam cuaca dingin.â?

Mengatasi radang tenggorokan dengan diet, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:

Baca juga :   Pengobatan Praktis Untuk Mata Lelah

– Jangan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalori.  Terlebih yang sumbernya dari hewani seperti telur, daging, ayam, susu, dan ikan.

– Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, contoh vitamin yang baik seperti vitamin A, C, E, B1, B6 serta asam folat yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

– Kecukupan akan mineral yang mengandung Fe atau zat besi, kalium, kalsium, zinc dan magnesium yang berfungsi untuk membangun sel-sel pertahanan dari serangan infeksi.

– Perlu menghindari makanan berminyak, banyak berbumbu, terlalu manis, asam, dan pedas karena makanan ini dapat merangsang rasa sakit pada tenggorokan.

– Perbanyaklah mengkonsumsi air putih.

– Minuman dan makanan dingin perlu dihindari.

– Khasiat dari bawang putih sangat baik untuk mengatasi radang tenggorokan karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta merangsang perkembangan sel darah putih yang berguna untuk memproduksi zat antibodi dan melawan penyakit.

Kutipan dari prevention.com menjelaskan tentang cara mengatasi tenggorokan yang sakit, berikut penjelasannya:

1. Gunakan madu dan air hangat untuk melapisi tenggorokan

Salah satu obat alami dapat diperoleh dengan mencampuran air hangat, lemon, dan madu satu sendok makan. Ini adalah ramuan yang berguna untuk menenangkan iritasi dan melapisi tenggorokan.

Baca juga :   Nyeri Dada Kiri Belum Tentu Sakit Jantung

2. Gunakan air garam untuk berkumur

Sakit tenggorokan dapat diatasi dengan berkumur air garam. Selain itu juga dapat menggunakan cuka sari apel organik.

3. Mencegah supaya tidak terjadi kekambuhan

Menurut Dr. Asyer, â??pencegahan adalah obat terbaik untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi atau infeksi virus.â? Contohnya sakit tenggorokan yang terjadi di pagi hari, penyebabnya kerana bernapas menggunakan mulut waktu malam harinya sehingga terjadi kekeringan di pagi hari, bisa juga karena di saat tidur terjadi kenaikan asam lambung.

â??Jika mengalami rasa nyeri yang parah dan menyebabkan sulit menelan, temui dokter. Jika mengalami nyeri yang terpusat pada satu sisi tenggorokan, segera carilah nasihat dari profesional kesehatan. Perokok yang lama mengalami sakit tenggorokan harus segera ke dokter,â? tambah Asyer.




loading...

Artikel terkait Tips Mengatasi Radang Tenggorokan