Tips Mengatasi Nyeri Punggung



Timbulnya nyeri punggung biasanya disebabkan oleh pola hidup yang modern. Salah satu perilaku yang sering menimbulkan nyeri punggung adalah terlalu lama duduk di depan komputer atau menyaksikan televisi secara berlebihan. Disamping itu, kelainan yang terjadi di tulang belakang dan saraf terjepit juga dapat menyebabkan sakit punggung.

Kebanyakan sakit punggung di alami di daerah pinggang atau punggung bagian bawah. Penyebab sakit punggung yang paling umum adalah ligament atau cedera otot. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan cedera, seperti berat badan yang terlalu berlebih, mengangkat beban dengan tidak benar, dan buruknya postur tubuh.

8 dari 10 orang pernah mengalami nyeri punggung selama hidupnya. Risiko terkena nyeri punggung lebih besar di derita oleh kaum hawa daripada pria. Kurang baiknya postur tubuh disinyalir menjadi pemicunya. Peningkatan keluhan ini, biasanya terjadi karena adanya kehamilan dan kegiatan menggendong anak.

Nyeri punggung yang diakibatkan oleh postur tubuh yang kurang baik maupun karena beberapa aktivitas sebenarnya masih dapat di atasi. Berikut ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati nyeri punggung.

1. Mengurangi beban bawaan

Sakit punggung juga dapat disebabkan oleh beban tas yang dibawa setiap hari. Sebaiknya berat beban tas Anda jangan lebih dari 10% jumlah berat badan Anda. ini dapat dijadikan patokan untuk barang bawaan yang akan Anda bawa setiap hari. Mengurangi berat barang bawaan sama saja dengan mengurangi risiko sakit punggung.

2. Mengkonsumsi brokoli

Untuk mendapatkan tulang yang kuat memang dibutuhkan konsumsi kalsium yang cukup, namun disamping itu juga diperlukan vitamin K, ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan di Jepang. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin K, diantaranya bayam, brokoli, dan sayuran yang berdaun hijau. Adanya asupan vitamin K sangat membantu kalsium untuk memadatkan tulang supaya lebih kuat.

3. Kuatkan otot perut

Lakukanlah latihan yang tepat untuk memperkuat otot-otot yang ada di sekitar area batang tubuh. Anda dapat melakukan latihan berikut, berbaringlah terlentang dengan punggung rata di alas lantai dan lutut ditekuk. Perut dikempiskan sampai punggung terangkat sedikit sehingga otot perut akan berkontraksi. Lakukanlah latihan ini hingga 3 set dengan melakukan pengulangan sebanyak 12x.

4. Mempunyai postur tubuh yang baik

Jika Anda mempunyai pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk melebihi 5 jam setiap harinya, selalu posisikan duduk Anda dalam keadaan tegak pada sandaran kursi. Ada baiknya untuk menambahkan bantal kecil yang berfungsi untuk menopang punggung Anda. Posisi kedua kaki sebaiknya tidak disilangkan tapi berada di lantai.

5. Gunakan alas tidur yang tepat

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Spine menjelaskan, alas tidur lembut lebih baik dari alas tidur keras untuk mencegah sakit punggung. Bantal juga berpengaruh, bantak sebaiknya jangan terlalu tinggi.

Sebagai catatan, posisi tidur juga berpengaruh  dan dapat memicu risiko terkena nyeri punggung. Sakit punggung yang pernah Anda alami dapat menjadi parah jika posisi tidur Anda salah. Anda bisa terjaga semalaman bila Anda mengalami sakit punggung, oleh sebab itu aturlah posisi tidur Anda dengan tepat. Posisi tidur yang baik yakni tidur menyamping, telentang dan telungkup.




Tips Mengatasi Nyeri Punggung | mysite | 4.5