Home » Wanita » Tips Mengatasi Mual Selama Kehamilan

Tips Mengatasi Mual Selama Kehamilan



Gangguan mual atau istilahnya Morning sickness, hampir dirasakan oleh setiap wanita hamil selama tiga bulan pertama masa kehamilan. Gangguan mual terjadi karena peningkatan hormon dan akan membuat rasa ketidaknyamanan besar bagi wanita yang mengalaminya.

Wanita hamil yang menderita mual harus melakukan perawatan yang tepat dari diri mereka sendiri, karena jika mual terus-menerus bisa berubah menjadi kehilangan nafsu makan. Kehilangan nafsu makan menyebabkan asupan penurunan nutrisi yang dibutuhkan bayi, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi dan kesehatan ibu juga. Oleh karena itu, wanita hamil disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan atau pengobatan untuk meringankan kondisi tersebut agar tidak berkepanjangan.

Tips Mengatasi Mual Selama Kehamilan

Tips yang disebutkan di bawah ini diketahui memiliki efek positif dalam mengurangi mual. Berikut tips mengatasi mual selama kehamilan selengkapnya:

1. Jahe: Ambil sepotong jahe kemudian buat minuman hangat dan minum secara rutin di pagi hari. Jahe secara tradisional telah digunakan untuk mengobati mual. Jika Anda ingin lebih praktis, makan makanan yang mengandung jahe atau mengisap pelega tenggorokan rasa jahe pun dapat membantu.

2. Vitamin: Jika Anda telah mengonsumsi suplemen vitamin, kadang-kadang mencoba berbagai jenis vitamin prenatal dapat menghentikan mual ( Tapi ada baiknya selalu berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu). Vitamin diketahui dapat menghentikan mual, sehingga perubahan yang terjadi akibat konsumsi vitamin dapat membantu Anda mengontrol situasi. Atau, cobalah mengubah jadwal harian Anda, untuk menyempatkan diri mengkonsumsi vitamin secara teratur. Namun vitamin juga dapat menyebabkan mual jika salah konsumsi, hal ini tergantung apakah perut sudah penuh atau kosong.

3. Karbohidrat: Tips mengatasi mual selama kehamilan selanjutnya adalah dengan sedikit menaikkan gula darah Anda dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah agak besar, karena akan dapat membantu dengan mengurangi mual. Mengkonsumsi makanan perlahan-lahan dan biarkan tubuh Anda menyerap karbohidrat.

4. Hindari makanan tertentu: Beberapa jenis makanan dapat memicu mual. Beberapa wanita mengklaim bahwa makanan berminyak dan berlemak memicu mual selama kehamilan mereka. Bagaimanapun, sangat penting untuk selalu mengkonsumsi nutrisi penting, seperti protein.

Mual pada wanita hamil, sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan calon ibu dan bayinya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan tips mengatasi mual selama kehamilan tadi, agar Anda dan bayi Anda sehat selalu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Iklan

Artikel terkait Tips Mengatasi Mual Selama Kehamilan

mengatasi ketidaknyamanan pada saat hamil.