Tips Mengatasi Bibir Kering



bibir keringMengalami masalah dengan bibir kering atau mungkin pecah-pecah memang menyebalkan. Bibir kering kadang membuat kita kurang percaya diri. Berbagai penyebab terjadinya Bibir Kering dan pecah-peecah, karena berada di tempat dingin atau AC, kurang minum, polusi udara dan debu, makanan yang asin dan pedas, alergi terhadap kosmetik tertentu, dll. Jangan menganggap ringan bibir kering atau pecah-pecah. Karena jika tak segera diatasi bisa menjadi radang dan bahkan berdarah. Bibir pecah-pecah umumnya sering terjadi saat musim dingin.

Perokok dan orang-orang yang memiliki kulit kering cenderung memiliki kondisi bibir pecah-pecah setiap hari. Berikut beberapa tips mengobati bibir kering dan pecah-pecah:

  1. Banyak minum. Bibir yang kering adalah sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Kondisi kulit kering umumnya terjadi saat kulit dan  tubuh mengalami dehidrasi. Untuk menghindari dehidrasi, cobalah untuk mengkonsumsi air sedikitnya 2-3 liter air per hari.
  2. Menghindari rokok dan Alkohol. Rokok dan alcohol memang mempunyai banyak hal yang tidak baik untuk tubuh kita. Selain berakibat buruk untuk kesehatan tubuh, dan kecerahan kulit, rokok dan alkohol juga menyebabkan bibir pecah-pecah, kering dan berwarna hitam. Jadi, usahakan untuk menghindari rokok dan alkohol.
  3. Vitamin A. Selain menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, menjaga makanan agar kulit tak kering juga penting. Sayuran berdaun hijau, wortel, biji-bijian, dan tomat adalah makanan tesebut terbukti memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak.
  4.  Lidah buaya. Lidah buaya dikenal sebagai bahan untuk menyembuhkan kulit yang rusak. Oleskan lendir lidah buaya pada bibir yang pecah-pecah. Diamkan hingga kering, kemudian bersihkan dengan air dingin. Rasa lembab dari  lendir  tersebut akan mencegah bibir  kembali mengering.
  5. Madu dan pelembab. Oleskan madu setiap hari untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan lembut,. Lalu oleskan sedikit pelembab bibir setelah olesan madu tadi mengering. Setelah sekitar 15 menit, bersihkan madu dan pelembab bibir dari bibir menggunakan cotton bud dengan gerakan lembut. Gerakan tersebut untuk mengangkat kulit bibir yang mengering. Coba lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari agar bibir kembali sehat.
  6. Krim susu. Krim berbahan dasar susu juga dapat digunakan untuk melembabkan bibir sebelum tidur. Kandungan susu dipercaya dapat membuat bibir lembab pada keesokan hari.
  7. Tidak menjilat bibir. Air liur akan lebih cepat menguap dari bibir, dan ini menyebabkan bibir kita menjadi lebih kering. Untuk hindari untuk menggunakan lip balm dengan rasa buah, agar kita tidak tergoda untuk menjilatinya.
  8. Menggunakan pelembab bibir. Jangan lupa selalu mengoleskan Lip Balm atau pelembab bibir ke bibir dan sekitarnya saat mulai terasa kering. Untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari, gunakan pelembab bibir yang mengandung SPF, shea butter dan beeswax.
Baca juga :   Cegah Sembelit Sebelum Terlambat



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *