Home » Tips Sehat » Tips Mencegah Bau Mulut

Tips Mencegah Bau Mulut



Istilah dalam dunia kedokteran dari bau mulut adalah halitosis, bau tersebut muncul karena adanya proses bakteri yang ada di dalam mulut. Bau mulut ditimbulkan oleh beberapa komponen utama bakteri, seperti merkaptan dan hydrogen sulfide. Berikut ada beberapa penyebab bau mulut:

1. Terdapatnya suatu penyakit jaringan pendukung pada gigi.

2. Kurangnya aliran air ludah

3. Adanya tambalan yang tidak sesuai atau tepat

4. Terdapatnya kumpulan bakteri berlebih pada lidah

5. Tidak bersihnya gigi tiruan

6. Di saku gusi terdapat sisa makan

7. Mempunyai penyakit sistemik

8. Mengkonsumsi beberapa obat tertentu

9. Mempunyai gangguan dalam pencernaan

Berikut ada beberapa hal untuk mencegah bau mulut yang dapat Anda praktekan dengan mudah, diantaranya:

1. Mulailah menyikat gigi dengan cara atau teknik yang benar, tepat serta optimal dan gunakanlah pasta gigi yang ada kandungan fluornya, jangan lupa juga lidah perlu disikat.

2. Untuk rongga mulut gunakanlah agen antibakteri, yakni obat kumur dari jenis klorheksidin dan untuk pemakaiannya jangan digunakan terus menerus dalam waktu yang relatif panjang.

Baca juga :   Kemandulan Dapat Di Sebabkan Kutu di Organ Intim

3. Makanlah buah yang banyak mengandung serat, sayuran hijau, perbanyak air mineral, dan gunakanlah obat kumur dari baking soda, hal ini untuk merangsang keluarnya air ludah.

4. Di antara waktu makan utama sebaiknya mengurangi konsumsi makanan serta minuman manis, ini untuk mencegah kerusakan gigi (gigi berlubang), supaya tidak timbul bau mulut.

5. Lakukanlah secara rutin pemeriksaan serta pembersihan karang gigi dengan dokter gigi atau pada klinik gigi.

6. Lakukanlah perbaikan tambalan gigi yang kurang baik pada dokter gigi.

7. Gigi berlubang perlu ditambal.

8. Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol perlu dikurangi.

9. Segeralah konsultasikan dengan dokter spesialis, bila Anda mempunyai penyakit gangguan pencernaan atau penyakit sistemik tertentu, hal ini dilakukan supaya segera mendapatkan perawatan.

Penyebab timbulnya bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa jenis makanan, oleh sebab itu Anda harus mengurangi jenis makanan tersebut, seperti jengkol, bawang dan petai. Setelah mengkonsumsi makanan tersebut ada baiknya langsung berkumur, menyikat gigi serta lidah, dan bisa mengunyah permen karet dengan xylitol yang dapat merangsang munculnya air ludah.

Baca juga :   Meningkatkan Metabolisme Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain itu Anda dapat menggunakan pilihan lain dengan mengkonsumsi wortel, sayuran hijau, roti tawar, minuman teh hijau dan daun mint, ini untuk mengurangi atau menghilangkan bau mulut yang disebabkan makanan tersebut.




loading...

Artikel terkait Tips Mencegah Bau Mulut