Tips Memilih Sikat Gigi Yang Benar Untuk Anak Anda



sikat gigi untuk anakMelatih balita Anda untuk membiasakan menyikat gigi untuk kebersihan dalam mulutnya sangat penting, agar giginya nanti saat dewasa tetap sehat, terawat dan teratur. Sikat gigi, merupakan alat yang vital bagi kebersihan gigi, selain pasta gigi. Maka, memilih sikat gigi untuk anak pun tidak boleh sembarangan.

Memilih sikat gigi yang baik merupakan aturan nomor satu dalam perawatan gigi balita, yang harus Anda perhatikan.Banyak merek sikat gigi yang yang bisa dipilih di pasaran. Dengan harga dan bahan yang berbeda, Anda harus pintar memilihnya. Karena tidak menjamin yang mahal yang terbaik. Nah, berikut akan disajikan tips yang bisa Anda gunakan saat memilih sikat gigi, untuk menjaga kebersihan serta kesehatn gigi putra putri Anda.

Tips Memilih Sikat Gigi Yang Benar Untuk Anak Anda

Sebelum mengetahui tips untuk memilih sikat gigi bagi anak Anda, perlu diperhatikan juga jenis gigi yang digunakan berdasarkan umur anak Anda. Jangan sampai anak di bawah lima tahun memakai sikat gigi dewasa. Nah, berikut adalah panduan memilih sikat gigi berdasarkan umur si anak:

Baca juga :   Tidur Cukup Dapat Memperpanjang Usia

1. Sikat gigi lunak untuk si kecil yang baru berusia 8-20 bulan, karena sikat ini mudah digunakan untuk anak yang baru tumbuh giginya. Hanya sikat menggunakan air saja pada giginya.

2. Saat sudah berusia 2 tahun, si anak dapat menggunakan sikat gigi yang khusus untuk balita serta menggunakan pasta gigi yang sudah mengandung fluoride. Sikat gigi ini, sudah agak besar, sehingga dapat mencapai gigi geraham si anak. Namun, harus diawasi oleh orang tua, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Setelah masuk usia sekolah, mulai dari 5 tahun, si anak dapat menggunakan sikat gigi yang rada besar. Agar gigi si anak tetap kuat dan sehat.

4. Memasuki 9 tahun, anak boleh memakai sikat gigi yang sama, yang diapakai orang dewasa juga.

Setelah mengetahui panduan memilih sikat gigi berdasarkan umur anak, sekarang saatnya tips untuk memilih sikat gigi yang benar

1. Memeriksa bulu sikat

Memilih bulu sikat untuk si kecil, haruslah yang lembut dan nyaman bagi mereka. Karena pada masa ini gigi dan gusi anak mengalami fase pertumbuhan. Selain itu, sikat gigi lembut, membuat gigi dan gusi anak tidak akan mengalami pendarahan.

Baca juga :   Khasiat Minyak Kayu Putih â?? Cajuput Oil

2. Memilih pegangan yang kuat dan warnanya menarik

Pegangan yang tidak kuat, bisa dipatahkan dengan mudah oleh anak, karena mereka senagn memainkannya. Serta, memilih yang berwarna menarik, agar si anak antusias untuk menyikat giginya secara teratur.

3. Memilih bentuk kepala sikat gigi yang pas dengan ukuran mulutnya

Bentuk sikat gigi untuk anak, harus pas dengan mulutnya, agar saat menyikat gigi, si anak nyaman menggunaknnya. Bentuk kepala sikat bundar, akan memudahkan melakukan sikat gigi, karena mudah untuk dimasukkan.

Buah hati Anda harus memakai sikat gigi yang aman dan baik untuk kesehatan gigi dan gusinya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada giginya saat dia beranjak dewasa nanti.

 




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *