Home » Wanita » Perawatan Kulit Wajah Agar Sehat dan Awet Muda

Perawatan Kulit Wajah Agar Sehat dan Awet Muda



perawatan wajahBentuk wajah memang tidak bisa dirubah tetapi menjaga agar penampilan selalu dalam keadaan prima bisa membawa banyak perubahan terhadap cara orang memperlakukan kita. Orang akan lebih nyaman berbicara dengan wanita yang rajin melakukan perawatan kulit dan menjaga kesehatan kulitnya.

Untuk menjaga agar kulit terutama wajah sehat dan awet muda, Anda perlu melakukkan 4 hal dasar: membersihkan, pengelupasan sel kulit mati, melembabkan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari dengan lotion tabir surya minimal SPF 30. Pada keempat hal dasar tersebut kita juga memberikan nutrisi dari luar, sedangkan nutrisi dari dalam bisa didapat dari makanan sehari-hari dan suplemen jika diperlukan.

Membersihkan

Cara memperlakukan kulit berbeda tergantung jenis kulit yang anda miliki. Berminyak, kering atau normal/kombinasi. Pilihlah produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki. Hindari sabun jika anda memiliki jenis kulit kering. Untuk kulit berminyak, pakailah pembersih yang bening sedangkan untuk kulit kering disarankan menggunakan pembersih yang berbentuk krim.

Pada malah hari jangan lupa untuk membersihkan make up dan sisa tabir surya karena bisa berpotensi menyumbat pori. Pastikan untuk menghilangkan riasan mata dengan make up remover yang tepat. Daerah sekitar mata sangat halus dan rentan, bersihkan bagian ini dengan lembut. Di pagi hari, air hangat  bagus untuk menghilangkan minyak yang berlebih

Pengelupasan sel kulit mati

Pengelupasan merupakan perawatan kulit mingguan. Jika dilakukan dengan benar maka anda akan melihat banyak perubahan pada wajah anda. Pengelupasan bisa menggunakan scrub halus, microdermabrasion, peeling, retinoid dan menggunakan handuk.

Menggunakan handuk? Ya, gunakan handuk kecil khusus untuk membersihkan wajah. Teteskan pembersih di handuk dan usapkan di wajah dengan gerakan melingkar. Selalu bersihkan handuk dengan air panas supaya mikro organisme tidak bersarang didalamnya.

Jika menggunakan scrub, pilihlah scrub yang lembut karena scrub yang kasar berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit.

Pelembab

Kebanyakan orang menganggap bahawa kulit berminyak tidak memerlukan pelembab, ini pandangan yang keliru. Pelembab penting untuk kulit kering. Gunakan pelembab setelah membersihkan wajah. Pernahkah setelah membersihkan wajah, kulit terasa kencang dan mengetat? ini karena kulit mengalami kekeringan, pelembab dapat mengatasi hal ini. Segala yang berlebihan tidak baik, jangan gunakan pelembab secara berlebihan karena dapat menyumbat pori-pori.

Tabir surya

Kalau anda banyak beraktifitas di luar ruangan, tabir surya penting sebagai tameng terhadap sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kulit terbakar. Disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Matahari pagi bagus untuk kesehatan tetapi setelah siang sebaiknya hindari paparan yang terlalu lama termasuk saat cuaca redup berawan dan saat anda berenang.

 




loading...

Artikel terkait Perawatan Kulit Wajah Agar Sehat dan Awet Muda