Home » Makanan dan Minuman » Tiga Mineral Pencegah Hipertensi

Tiga Mineral Pencegah Hipertensi



Mineral pencegah hipertensi

Hipertensi sangat mudah terdeteksi, hanya dengan alat ukur  tekanan darah. Seseorang diklasifikasikan hipertensi bila tekanan darahnya terbaca lebih dari 140/90. Nomor pertama dikenal sebagai sistolik dan angka yang lebih rendah disebut diastolik. Ketika tekanan darah Anda jatuh antara 120/80 sampai 140/90, Anda berada dalam kondisi pra-hipertensi. Meskipun statistik mengungkapkan bahwa miliaran orang di seluruh dunia terserang penyakit ini, masalah dapat dikontrol melalui gaya hidup sehat. Ada cara untuk mencegah pra-hipertensi berkembang menjadi hipertensi. Pada kasus pra-hipertensi, ada cara alami untuk mengontrol kenaikan tekanan darah Anda.

Makan makanan dengan tiga mineral penting dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Jenis mineral ini adalah kalium, magnesium dan kalsium.

Kalium 

Penelitian telah mengungkapkan bahwa kalium akan membuat pembuluh darah kurang sensitif terhadap kontraksi. Dengan pembuluh darah rileks, tekanan aliran darah cenderung akan turun. Mineral ini dapat ditemukan dalam makanan seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Sayuran kaya akan kalium adalah kubis, kembang kol, bayam, kentang dan tomat. Kalium yang kaya buah-buahan adalah pisang dan jeruk. Stroberi, semangka dan aprikot yang juga sarat dengan mineral ini. Makanan sereal juga mengandung kalium.

Baca juga :   Makanan Organik Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan dan Lingkungan

Selain menurunkan tekanan darah, mineral ini mengatur tingkat cairan dalam sel Anda. Juga menjaga kesehatan ginjal dan otot jantung. Efeknya, risiko penyakit jantung dan stroke akan menurun.

Magnesium 

Salah satu peran penting dari magnesium adalah kemampuan untuk mengatur kalium dan kalsium dalam sel tubuh. Mineral ini juga membantu dalam pengendalian natrium yang merupakan penyebab nyata dalam hipertensi. Magnesium juga berfungsi dalam melebarkan dinding pembuluh darah untuk memungkinkan aliran darah lancar. Selain itu, mineral ini dapat membantu menurunkan tingkat trigliserida, menghasilkan energi dan menjaga jantung sehat.

Sumber terbaik dari magnesium adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam. Makanan lain yang mengandung magnesium adalah brokoli, lobak, biji labu, kacang hitam, salmon dan biji-bijian.

Potasium

Pastikan makanan harian anda mengandung potasium yang cukup. Potasium bisa didapat dari  buah, sayuran dan ikan. makanan sumber potasium diantaranya pisang, aprikot, kiwi, melon, alpukat, jeruk, buah pir, bayam tomat, susu, ikan dan kentang

Meskipun ketiga mineral dapat tertelan melalui suplemen, namun alangkah baiknya jika mengkonsumsi mereka dalam bentuk alami. Seiring dengan makan makanan kaya kalium, magnesium dan kalsium, Maka hidup Anda akan sehat dan terhindar dari hipertensi. Namun juga untuk menghindari hipertensi, perlu diperhatikan diet, olahraga, cukup istirahat dan menghindari stres.

Baca juga :   Manfaat Minyak Biji Rami



loading...

Artikel terkait Tiga Mineral Pencegah Hipertensi