Home » Tips Sehat » Tidur Cukup Dapat Memperpanjang Usia

Tidur Cukup Dapat Memperpanjang Usia



Anda mungkin akan kaget bahwa ada banyak bukti untuk mendukung fakta bahwa seberapa lama anda tidur bisa menjadi prediktor penting dari seberapa lama anda akan hidup!

Dari pengetahuan yang saya dapat dari berbagai sumber, untuk mendapatkan kesehatan yang optimal dan diharapkan berumur panjang, kita harus menjaga agar nutrisi yang diasup harus seimbang terutama buah-buahan,sayuran dan suplemen jika diperlukan. Selain itu olahraga dan

tidur nyenyak

managemen stress juga memegang peranan penting.

Tapi belakangan diketahui jumlah waktu tidur dan kualitas tidur juga memegang peranan penting sebagai prediktor umur seseorang.

Sebuah jajak pendapat yang diambil pada tahun 2000 oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa kurang tidur adalah masalah bagi lebih dari separuh tenaga kerja Amerika. Data mereka menunjukkan bahwa pada abad terakhir warga Amerika telah mengurangi jumlah rata-rata waktu kita tidur sebesar 20 persen.

Tentu saja, saya anggap bahwa sebagian besar dari kita menyadari bahwa jika kita kurang tidur semalam atau dua malam kita mungkin akan lemas, letih, tidak bertenaga, kehilangan konsentrasi dan tidak dapat bekerja dengan baik keesokan harinya. Dan bahkan tidur juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita. Dengan kurang tidur kita mungkin lebih mudah sakit.

Kenyataannya, kurang tidur mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan! Mengurangi jatah tidur meski hanya 3 atau 4 jam dalam seminggu mungkin memiliki hubungan langsung dengan hal-hal berikut:

â?¢ Obesitas
â?¢ Penyakit jantung koroner
â?¢ Hipertensi
â?¢ Diabetes
â?¢ fungsi kekebalan
â?¢ Kognitif kinerja
â?¢ Usia

Satu studi menemukan bahwa mengurangi tidur 4 jam per malam dikaitkan dengan tingkat 2,8 kali lebih tinggi resiko kematian untuk pria dan tingkat 1,5 kali lebih tinggi bagi perempuan. “Penulis studi ini juga menemukan bahwa panjang waktu tidur adalah prediktor yang lebih baik untuk kematian dari merokok, penyakit jantung, atau hipertensi. ”
Studi lain menemukan bahwa orang yang tidur enam jam atau kurang semalam memiliki 70 persen lebih tinggi angka kematian selama periode sembilan tahun dibandingkan mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam semalam!

Berapa banyak tidur yang kita butuhkan?

� Anak enam sampai dua belas tahun idealnya membutuhkan antara sepuluh setengah  jam sampai sebelas setengah jam tidur malam.

â?¢ Seorang remaja akan membutuhkan tidur lebih sedikit, mungkin sekitar 9 atau 10 jam semalam.

â?¢ Orang dewasa idealnya mendapatkan 7 sampai 8 jam tidur setiap malam.

Selain itu, lebih baik bagi Anda untuk tidur pada malam hari dibandingkan pada siang hari.  Hal ini memungkinkan bagi tubuh Anda untuk mengembalikan tingkat melatonin yang dibutuhkan dalam cara alami.

Melatonin adalah hormon alami yang dibuat oleh kelenjar pineal. Siang hari kelenjar pineal tidak aktif, tetapi ketika malam, pineal ini mulai aktif menghasilkan melatonin.

Jadi, pintar-pintarlah mengatur waktu pada malam hari supaya bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur sehingga bisa menurunkan resiko diabetes, menurunkan berat badan, untuk memperkuat sistem kekebalan Anda,
merasa lebih baik, dan hidup lebih lama!




loading...

Artikel terkait Tidur Cukup Dapat Memperpanjang Usia