Home » Wanita » Tes Kehamilan Dengan Test Pack

Tes Kehamilan Dengan Test Pack



tes hamilBagi wanita yang sudah merasakan ciri fisik awal kehamilan tentunya ingin memastikan apakah dirinya sudah hamil. Salah satu cara untuk memeriksa apakah sudah hamil atau belum menggunakan test pack , meskipun masih belum dapat dijadikan acuan hamil atau belum tetapi keakuratannya yang tinggi cukup bisa diandalkan.

Tes kehamilan menggunakan test pack bisa dilakukan di laboratorium. Dilaboratorium tes dilakukan oleh tenaga profesional menggunakan sampel darah sedangkan jika menggunakan test pack yang dilakukan sendiri dirumah sampelnya menggunakan air seni.

Cara kerja test pack adalah dengan memeriksa kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin). Apabila kadar hCG dalam urin sudah mencapai minimal 25 mlU/ml maka alat tes kehamilan ini akan menunjukan hasil positif. hCG akan meninggi setelah terjadi implantasi embrio pada dinding rahim biasanya terjadi 6-12 hari setelah hubungan.

Sesitivitas alat tes kehamilan ini bervariasi yang lebih sensitif tentu saja lebih baik karena dapat mendeteksi hCG meskipun masih dalam kadar yang rendah dalam urin. Ada juga yang mempunyai sensitivitas  tinggi yakni mencapai 5 mlU/ml.

Ada dua jenis test pack yakni compact dan strip, cara penggunaan strip dengan mencelupkan atau menyentuhkan ujung strip pada urin sedangkan jenis compact dengan meneteskan air seni pada bagian alat yang telah disediakan.

Baca juga :   Perawatan Kulit Sensitif Dengan Bahan Alami

Waktu yang baik untuk tes kehamilan menggunakan test pack

Waktu yang paling baik untuk mengetes kehamilah adalah pada waktu pagi hari karena cairan yang kita minum dapat mengencerkan hCG dalam urin. Pada saat tidur kita tidak minum selama berjam-jam sehingga jika ada kenaikan hCG lebih mudah untuk terdeteksi pada pagi hari meskipun sebenarnya tes ini dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Secara umum hasil yang didapat dapat lebih akurat bila tes kehamilan dilakukan dua hari sebelum menstruasi (apabila siklus haid teratur) atau bisa juga dilakukan 6-12 hari setelah melakukan hubungan dimasa subur atau bisa juga 1-5 hari setelah terlambat haid. Label rekomendasi penggunaan setiap merk test pack mungkin berbeda tergantung sensitivitasnya, lebih baik mengikuti saran yang ada pada label.

Tips supaya hasil lebih akurat

1. Pada saat membeli pilih alat yang paling sensitif, tanyakan pada petugas apotek untuk minta rekomendasi mana yang paling baik.

2. Alat ini sangat terpengaruh oleh tempat penyimpanan sehingga lebih baik untuk membelinya dekat dengan waktu pemeriksaan.

3. Baca instruksi cara penggunaan dan pembacaan hasil karena berbeda merk bisa saja berbeda cara penggunaan. Kebanyakan apabila terdapat dua garis setelah mencelupkan ujung strip dalam urin berarti hasilnya positif.

Baca juga :   Alergi Pembalut Dapat Memicu Vulvitis

4. Lakukan tes kehamilan pada pagi hari karena pada saat ini konsentrasi urin pekat, apabila ada kenaikan hCG maka lebih mungkin menunjukan hasil positif pada test pack.

5. Bila Negatif

Apabila hasilnya negatif namun anda masih yakin kalau hamil maka bisa diulang 3 hari setelahnya karena kadar hormon hCG meningkat dua kali lipat pada 6 minggu pertama kehamilan.

Tes kehamilan dengan test pack tidak seratus persen akurat karena ada juga  penyakit yang menyebabkan meningginya kadar hCG dalam darah misalnya hamil anggur. Selain itu test pack juga dipengaruhi banyak faktor seperti waktu melakukan tes, kepekatan urin, penyimpanan, sensitivitas alat dan faktor lain yang sudah disebutkan diatas tetapi setidaknya apabila dilakukan dengan benar dapat memberikan informasi penting apakah anda sudah hamil dan bisa mempersiapkan diri untuk merawat kondisi janin dalam kandungan jika hasilnya positif.




loading...

Artikel terkait Tes Kehamilan Dengan Test Pack

kapan kehamilan bisa terdeteksi dengan tespek. tes kehamilan setelah berapa hari telat haid. usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack. test pack akurat setelah berapa hari berhubungan. tes kehamilan telat berapa hari. kapan kehamilan bisa terdeteksi test pack. tes kehamilan yang akurat berapa hari.