Home » Makanan dan Minuman » Ternyata Teh Bermanfaat untuk Gigi

Ternyata Teh Bermanfaat untuk Gigi



manfaat teh untuk gigiPara ilmuwan percaya bahwa minum teh dapat menjadi cara yang baik untuk menjaga gigi agar tetap sehat.

Mereka telah menemukan bahwa senyawa yang ditemukan dalam teh hitam dapat menyerang bakteri berbahaya di dalam mulut yang menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang.

Sebelumnya para ilmuwan hanya memfokuskan pada manfaat kesehatan yang mungkin dimiliki oleh teh hijau. Dokter gigi merasa bahwa minuman seperti teh adalah alternatif yang baik untuk softdrink karena teh lebih banyak menawarkan manfaat untuk gigi dan kesehatan dibandingkan dengan soft drink

Tim dari University of Illinois College of Dentistry mempelajari teh hitam. Mereka menemukan bahwa senyawa dalam teh hitam mampu membunuh atau menekan pertumbuhan dan produksi asam dari bakteri penyebab rongga dalam plak gigi.

Penghambat Enzim bakteri

Teh hitam juga mempengaruhi enzim glucosyltranferase  dari bakteri yang bertanggung jawab untuk mengubah gula menjadi bahan matriks plak lengket yang merusak gigi.

Selain itu, bakteri plak tertentu, setelah terpapar teh hitam, kehilangan kemampuan mereka untuk membentuk agregat clumpy dengan bakteri lainnya dalam plak, sehingga mengurangi massa total dari plak gigi.

Baca juga :   Kebiasaan Meminum Kopi Tidak Memicu Penyakit Kronis

Dikutip dari BBC healh, satu penelitian menunjukkan bahwa ketika relawan berkumur dengan teh hitam selama 30 detik lima kali dengan interval tiga menit, bakteri plak berhenti tumbuh dan memproduksi asam, yang memecah gigi dan penyebab lubang pada gigi.

Peneliti utama Dr Christina Wu mengatakan penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat memiliki dampak “signifikan” pada kesehatan gigi.

Namun, dia memperingatkan bahwa efek menguntungkan tergantung pada orang merawat gigi mereka.

‘Bagus sebagai alternatif softdrink’

Seorang juru bicara mengatakan: “Dokter gigi juga merasa bahwa minuman seperti teh adalah alternatif yang baik untuk minuman ringan karena teh non-erosif.”

Erosi gigi melibatkan demineralisasi gigi dimana diserang oleh asam yang diproduksi oleh bakteri.

Juru bicara BDA mengatakan bahwa teh juga merupakan sumber fluoride yang dapat membantu untuk melindungi gigi.

Dia mengatakan bahwa 98% orang mengambil teh dengan susu, juga menyediakan sumber kalsium yang baik.”Namun, masih harus dibuktikan apakah manfaat teh yang diamati dalam penelitian ini direplikasi selama minum teh normal,” tambahnya.

Baca juga :   Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Penelitian ini dipresentasikan di American Society for Microbiology di Orlando, Florida.




loading...

Artikel terkait Ternyata Teh Bermanfaat untuk Gigi