Ternyata Sperma Punya alat Navigasi Sendiri



gambar sperma

Kemampuan sperma untuk bergerak dengan benar dan cepat menuju sel telur disebut motilitas. Motilitas menjadi salah satu indikator kualitas sperma. Sperma yang tidak dapat berenang menuju sel telur tidak akan mampu membuahinya.

Sukses tidaknya sperma menembus sel telur di pengaruhi oleh kualitas, kuantitas, efektivitas motilitas sperma dalam menanggapi faktor-faktor yang dilepaskan sel telur.

Berdasarkan penelitian Universitas birmingham Inggris dan university of warwick ternyata sperma memiliki kemampuan untuk mengetahui arah sehingga sperma tidak akan menabrak satu sama lain dan bisa menuju ke sel telur dengan arah yang benar. Bahkan sperma bisa memilih jalur tengah saluran reproduksi wanita dan bukan merangkak disepanjang dinding saluran reproduksi yang membahayakan.

Dr Peter Denissenko, Kepala peneliti dari Universitas Warwick, mengatakan, sperma yang berhasil adalah mereka yang mampu masuk ke dalam saluran yang kompleks dan berbelit. “saya tak bisa menahan tawa saat pertama kali melihat sel sperma terus-menerus mencari jalan ke dinding sel”. katanya

Jutaan sperma dalam ejakulasi seorang diteliti dalam penelitian ini. Melalui penelitian, para ilmuwan belajar bagaimana sperma bernavigasi melalui berbagai hambatan hingga melalui mini labirin.

Para ilmuwan menyuntikkan sel sperma ke dalam rambut-tipis microchannels, sperma yang berhasil adalah mereka yang mampu masuk ke dalam saluran yang berbelit dan kompleks. Ini dilakukan untuk mempelajari bagaimana perilaku sperma dalam ruang terbatas.

Dalam saluran, mereka menemukan tikungan tajam. Sperma yang kurang berkualitas bisa bertabrakan dan gagal menuju sel telur. Sedangkan sperma yang baik bisa melewati tikungan dengan baik. Dalam sekali ejakulasi biasanya seorang pria akan mengeluarkan 2 sampai 5cc yang berisi 20 juta sperma untuk setiap cc saat berhubungan seks dengan pasangannya. Tetapi biasanya hanya satu sperma terbaik yang mampu membuahi sel telur.

Banyak cara untuk meningkatkan kualitas sperma secara umum yakni menjalankan gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi, olahraga, maganemen stres dan tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok.




Ternyata Sperma Punya alat Navigasi Sendiri | mysite | 4.5