Home » Tips Sehat » Ternyata Manfaat Berjemur Bagi Kesehatan Sangat Baik Lho!

Ternyata Manfaat Berjemur Bagi Kesehatan Sangat Baik Lho!



manfaat berjemur

Perlu Anda tahu bahwa berjemur seperti orang bule ternyata sangat penting untuk menyempurnakan kesehatan Anda. Sinar matahari memiliki properti antibakteri dan antijamur dan kandungan vitamin D yang baik bagi tubuh.

Jika Anda berjemur Anda akan merasakan rasa hangat dari sinar matahari. Namun, apakah Anda tahu, jika sedang berjemur Anda akan disinari oleh bebarapa jenis sinar matahari, seperti dijelaskan berikut ini:

1. Rays of visible (cahaya putih) – Cahaya putih matahari terdiri dari tujuh warna cahaya yang berbeda, seperti terlihat dalam pelangi. Setiap warna memiliki efek spesifik pada tubuh.

2. Sinar infra-merah – Sinar ini memberikan panas. Kehangatan sinar ini dapat menenangkan otot-otot, mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit.

3. Sinar ultra-violet – Sinar ini penting. Vitamin D diproduksi di dalam tubuh oleh aksi sinar ultra-violet yang jatuh pada kulit. Sinar matahari sebenarnya adalah sumber terbaik vitamin D. Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit tulang yang dikenal sebagai ‘rakhitis.

Tidak hanya kulit, tetapi seluruh tubuh juga membutuhkan sinar matahari. Manfaat berjemur dapat meningkatkan kesehatan dan meningkatkan kekuatan resistif tubuh.

Manfaat lain dari berjemur

1. Sinar matahari membantu menyehatkan otot-otot. Jika kulit kekurangan sinar matahari, otot-otot cenderung melemah dan merosot.

2. Sinar matahari baik dalam pembentukan gigi dan tulang serta baik untuk pertumbuhan rambut.

3. Tekanan darah menjadi turun, dan ginjal menjadi lebih efisien.

4. Oleh aksi cahaya matahari, penyakit kulit akan disembuhkan, dan membuat luka menjadi sembuh lebih cepat.

5. Sinar matahari mempertahankan dan meningkatkan jumlah alkali dalam darah.

6. Jika seorang wanita hamil berjemur secara teratur, dia akan merasa mendapat bantuan untuk menghilangkan ketidaknyamanan selama kehamilan seperti kelelahan, sakit punggung, dan mual.

Bagaimana melakukan berjemur dengan baik dan sehat?

Berikut akan diutarakan tentang cara berjemur yang baik

1. Berjemur sangat baik dilakukan selama setengah jam saja. Jika kulit sudah tidak nyaman atau terasa sudah sangat panas, itu artinya ada indikasi terlalu berlebihan terhadap sinar matahari, jadi saat ini Anda disarankan berhenti dan segera mandi.

2. Setelah berjemur, sebaiknya segera mandi air dingin, atau tubuh dilap dengan kain yang terlebih dahulu dikompres dengan air dingin.

3. Dianjurkan untuk berjemur pada pagi atau sore hari saja. Jangan sampai berjemur siang hari karena malah akan menyebabkan penyakit pada kulit.

4. Saat berjemur ada baiknya jika Anda mengkonsumsi air, agar tidak dehidrasi

Itulah sedikit info tentang manfaat berjemur serta tips bagaimana berjemur yang baik. Semoga kulit serta tubuh Anda makin sehat dan semoga info ini bermanfaat bagi Anda.

 

 




loading...

Artikel terkait Ternyata Manfaat Berjemur Bagi Kesehatan Sangat Baik Lho!

manfaat berjemur di pagi hari. manfaat sinar matahari sore. manfaat matahari sore. matahari sore. manfaat berjemur. berjemur di pagi hari. waktu yg tepat berjemur dipagi hari sebelum atau sesudah mandi.