Home » Info Kesehatan » Penyakit dan Terapi » Terapi Ikan Dapat Menyebabkan Masalah Kulit

Terapi Ikan Dapat Menyebabkan Masalah Kulit



terapi ikanSejumlah peneliti asal inggris menyoroti kasus yang sedang merebak saat ini. Fish pedicure atau fish spa yang banyak di gelar di spa dan pusat kebugaran lainnya bisa menyebabkan iritasi dan infeksi akibat bakteri patogen. Perhatian ini diberikan dengan mengirimkan surat peringatan yang kemudian di publikasikan oleh jurnal Emerging Infectius Diseases, sebuah publikasi milik USA yang bertujuan untuk mengontril dan mencegah penularan penyakit.

Nama lain dari terapi ikan ini adalah ichthyotherapy, dengan memanfaatkan garra rufa atau dokter ikan yang merupakan spesies asli asal Eurasia. Ikan ini akan mendekat ke kaki atau bagian tubuh orang yang mencelupkan bagian tubuhnya kedalam kolam penampungan ikan. Garra rufa akan memakan sel kulit mati yang ingin dibuang dari tubuh.

Center for Environment, Fishes & Aquaculture Science (CEFAS) menyatakan bahwa ikan-ikan tersebut bisa menjadi sumber berbagai jenis penyakit terutama jika kebersihan kolam tidak dijaga. Biasanya orang yang datang untuk fish spa memiliki masalah kulit, penyakit ini akan mudah menular pada orang lain yang berendam di bak penampungan ikan yang sama selain itu dokter ikan sendiri dapat menularkan penyakit, beberapa diantaranya menyerang jaringan lunak dan tahan antibiotik.

Ketua tim peneliti menyatakan, David Verner-Jeffreys, ketua tim peneliti menyatakan di Inggris saja 2011 lalu didatangkan sekitar 15 sampai 20 ribu ikan dari asia dan pada bulan april 2011 sebanyak kurang lebih 6000 ekor ikan didatangkan dari Indonesia.

Ikan-ikan ini terkena wabah yang menyebabkan kematian pada seluruh ikan yang disebabkan oleh patogen S agalactiae. Ikan yang terkena bakteri ini akan mengalami pedarahan dari mulut, insang dan perut.

Verner-Jeffreys menyebutkan, mereka yang sangat rentan terhadap infeksi ini adalah mereka yang telah terkena penyakit yang berhubungan dengan masalah kekebalan tubuh, diabetes dan penyakit liver

George A. O’Toole dari Geisel School of Medicine, Dartmouth, Hanover, Amerika Serikat menyebutkan, tidak mungkin untuk melakukan sterilisasi terhadap ikan garra rufa yang terkena penyakit ini.”sedangkan untuk airnya, meskipun membuang air setelah pasien selesai terapi, kuman patogen itu akan membentuk koloni dipermukaan bak tersebut.

Fish spa ini sebenarnya sudah dilarang dibanyak negara bagian di Amerika Serikat. Tetapi terapi dengan menggunakan ikan air tawar ini sedang naik daun di Inggris dan banyak negara lainnya didunia. Jadi lebih baik dipertimbangkan lebih dahulu jika anda berniat untuk melakukan terapi ikan.




loading...

Artikel terkait Terapi Ikan Dapat Menyebabkan Masalah Kulit

tato wanita seluruh badan.