Home » Penyakit dan Terapi » Tentang Gejala Flu dan Penanganannya

Tentang Gejala Flu dan Penanganannya



flu dan penanganannyaFlu merupakan penyakit yang dialami banyak orang sepanjang tahun. Musim flu biasanya terjadi pada saat perubahan musim dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Jika pada saat itu kondisi tubuh kita tidak dalam keadaan fit maka sangat mudah terserang flu.

Gejala flu sangat mudah dideteksi saat kita mengalami batuk, bersin, pegal-pegal diseluruh tubuh, demam dan pilek kemungkinan besar kita sedang mengalami influenza. Gejala flu biasanya berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu dalam kasus yang sedikit parah flu dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru atau dalam istilah medis disebut pneumonia.

Biasanya orang salah menafsirkan antara flu, sinusitis, dan berbagai jenis pilek (rhinitis). Gejala flu biasanya datang dengan cepat. Gejalanya termasuk sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, nyeri otot, hidung mampet, rasa lemah, ketidaknyamanan badan secara umum dan batuk. Jika anda merasa sesak napas pada saat flu terjadi, pastikan berobat ke dokter karena mungkin ada penyakit lainnya.

Virus flu yang berasal dari keluarga Orthomyxoviridae memasuki tubuh melalui selaput lendir hidung, mata, atau mulut dan dapat menginfeksi burung dan mamalia. Umumnya virus ini menular melalui udara atau percikan ingus/ludah dari penderita flu lainnya.

Baca juga :   10 Cara Pengobatan Diabetes Secara Alami

Virus-virus jenis RNA ini dapat mati dengan paparan sinar matahari, desinfektan dan detergen. Pada kebanyakan kasus, flu dapat sembuh dengan sendirinya. Menurut CDC Pengobatan flu menggunakan antiviral yang diresepkan dokter dan bukan antibiotik. Anti biotik tidak dapat menyembuhkan flu. Penggunaan antibiotik pada penderita flu sama sekali tidak berguna bahkan dapat menyebabkan resistensi kuman.

Seringkali saat kita sakit flu kita mengkonsumsi vitamin C dan permen pelega tenggorokan (lozenges). Vitamin dan permen tidak dapat menyembuhkan tetapi dapat mempercepat onset penyembuhan flu.

Banyak-banyaklah istirahat mengurangi aktifitas dan mengurangi bicara. Minum banyak air putih untuk mengencerkan dahak dan lendir di hidung. Kita juga dapat membeli obat-obatan yang tersedia di toko untuk mengurangi gejala yang timbul.




loading...

Artikel terkait Tentang Gejala Flu dan Penanganannya