Home » Penyakit dan Terapi » Tanda Atau Gejala Leukemia Pada Anak

Tanda Atau Gejala Leukemia Pada Anak



leukemia pada anakLeukemia pada anak, harus diwaspadai. Tanda atau gejala setiap anak memang ada yang berbeda, namun banyak yang sama. Tanda atau gejala tersebut, tergantung pada banyaknya sel sehat yang telah diambil oleh sel leukemia. Dan bukan hanya itu saja, Anda juga harus tahu apakah sel leukemia tadi, telah terkumpul di organ lain, atau istilahnya disebut spread extramedullary.

Leukemia pada anak, bisa saja menjadi akut, namun memang hal itu sangat jarang ditemukan. Sel leukemia yang berada dalam sumsum tulang, mengganggu produksi sel darah merah, sel darah putih dan trombosit yang mulanya sehat. Berikut ini, akan ditampilkan beberapa tanda atau gejala yang mengindikasikan si anak menderita leukimia secara umum.

Tanda Atau Gejala Leukemia Pada Anak

1. Anemia atau yang biasa kita kenal dengan darah rendah

Rendahnya produksi sel darah merah atau yang disebut anemia merupakan tanda yang umum seseorang mengidap leukemia, dan itu juga berlaku pada anak.

2. Rendahnya produksi Trombosit atau yang disebut Trombositopenia

Rendahnya tingkat produksi trombosit pada tubuh, disebabkan oleh sesaknya sumsum tulang yang dipenuhi oleh sel leukemia, dan itulah peristiwa trombositopenia. Pada saat trombositopenia, platelet yang tersedia tidak cukup untuk membantu prose pembekuan darah, sehingga saat anak yang menderita leukimia terluka, maka proses penyembuhannya cukup lama.

3. Sering menderita Infeksi:

Ketidak normalan yang terjadi akibat leukemia, membuat sel darah putih pun ikut tidak normal. Sel darah putih yang seharusnya melawan infeksi, tidak bisa menunaikan tugasnya dengan baik karena sel darah putih yang diproduksi berlebihan dan tidak normal karena leukemia. Saat hal ini terjadi, banyak penderitanya sering mengalami demam.

4. Sering merasa nyeri pada tulang

Leukimia yang menyerang sumsum tulang, akan meyebabkan rasa nyeri pada tulang. Banyak penderita leukemia mengeluh akan hal ini. Diantara beberapa penderita ada yang mengalami pincang atau berjalan tidak normal.

Untuk sel leukemia yang menggerogoti organ lain, juga mengalami beberapa gejala yang bisa diperhatikan. Beberapa gejala tersebut adalah:

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Leukemia dapat menyerang kelenjar getah bening, yang menyebabkan kelenjar tersebut mengalami pembengkakan. Kelenjar ini, terletak pada bagian leher ketiak, dada dan selangkangan. Misal saja leukemia yang menyerang kelenjar getah bening di dada, pasiaen akan mengalami rasa sakit pada dada, sesak napas, batuk dan mengi.

2. Nyeri atau Bengkak pada Perut

Jika sel leukemia menyerang ginjal, hati atau limpa, maka pasien akan mengalami nyeri atau terjadi pembengkakan pada perut. Akibatnya, penderita akan menurun nafsu maknnya, kemudian berat badan akan turun.

3. Sakit kepala

Jika sel leukemia sudah menyerang otak, maka si pasien akan merasakan sakit kepala. Selain itu, penglihatan anak juga akan terganggu dan tidak seimbang lagi.

 




loading...

Artikel terkait Tanda Atau Gejala Leukemia Pada Anak