Home » Tips Sehat » Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk



lavender pengusir nyamukBanyaknya nyamuk yang menggigit selain mengganggu tidur juga berpotensi menyebarkan penyakit seperti malaria, demam berdarah,  chikungunya dan cacing filariasis. Obat nyamuk bakar, elektrik maupun obat nyamuk  semprot memang ampuh untuk mengusir dan membasmi nyamuk tetapi banyak juga yang tidak suka atau bahkan alergi terhadap obat nyamuk.

Untuk membuat agar nyamuk tidak suka berada di sekitar rumah, kita bisa memanfaatkan tanaman-tanaman pengusir nyamuk. Berikut ini adalah beberapa tanaman anti nyamuk:

1. Bunga Geranium

Kandungan aktif dalam bunga ini yakni Citronella yang mudah menyebar apabila tertiup angin. Nama lain dari bunga geranium adalah tapak dara (Cranesbill). Bunga geranium selain memiliki kemampuan anti serangga juga dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Para kolektor bunga senang mengoleksinya karena selain indah juga bermanfaat mengusir nyamuk.

Wangi bunga geranium sering diekstrak untuk dijadikan aromatherapy atau untuk produk kecantikan. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi tetapi akan lebih cepat perkembangannya jika ditanam di dataran tinggi. Jika ditanama dalam pot, pada siang hari dikeluarkan sedangkan pada malam hari dapat dimasukan dalam rumah untuk mengusir nyamuk.

Baca juga :   Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

2. Zodia (Evodia suaveolens)

Tumbuhan asli Papua ini berasal dari suku jeruk-jerukan. Di Papua daun zodia dioleskan keseluruh tubuh untuk mengusir nyamuk. Para penjual tanaman hias sering menyebutnya “tanaman nyamuk”. Zat aktif yang terdapat didalamnya yang dapat mengusir nyamuk adalah ninalool. Saat daun-daunnya begesekan tertiup angin atau tersentuh akan mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk.

3. Bunga Lavender

Secara komersil bunga lavender sudah banyak dipakai sebagai wangi obat nyamuk, lotion anti nyamuk atau sebagai aromatherapy. Bunga ungu yang dimilikinya dapat digosokan langsung ke permukaan kulit untuk mengusir nyamuk. Zat lynalyl acetate dan linalool yang dikandung lavender dapat membuat nyamuk pusing dan menjauh.

4. Serai Wangi

Cymbopogon nardus (serai wangi) berasal dari famili rumput poaceae. Meskipun penampilannya kurang menarik sebagai tanaman hias tetapi mengingat fungsi lainnya sebagai bumbu masakan dan dapat diolah menjadi minuman segar sehingga tak ada salahnya menanam tanaman anti serangga ini.

5. Kecombrang

Masih sedikit orang yang memanfaatkan tanaman kecombrang untuk mengusir nyamuk. Kebanyakan digunakan sebagai bumbu penyedap atau dijadikan sebagai sayuran lalapan di berbagai daerah.

Baca juga :   Tips Mengecilkan Perut Buncit

6. Bunga Rosemary

Bau yang dikeluarkan Rosemary unik yaitu bau minyak telon atau minyak kayu putih sehingga tidak disukai nyamuk. Perawatan tanaman ini tergolong cukup mudah karena rosemary tahan terhadap serangan hama. Bunga ini juga dapat digunakan sebagai aromatherapy. Kegunaan lain dari tanaman pengusir nyamuk ini adalah dapat digunakan sebagai obat herbal, jadi bisa dikatakan bahwa bunga rosemary bunga multifungsi.

Supaya lebih maksimal tentu saja tidak hanya menanam satu atau dua pot tanaman pengusir nyamuk saja, perlu beberapa  tanaman sesuai dengan luas rumah supaya hasilnya lebih efektif. Untuk menjaga keindahan, kita bisa tanam beberapa jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Selain itu pencegahan dengan 3 M tetap perlu dilakukan sebagai kegiatan rutin.




loading...

Artikel terkait Tanaman Pengusir Nyamuk

jenis tanaman yang berkhasiat sebagai anti bakteri atau anti jamur serta anti nyamuk ya itu. jenis tanaman yang berkhasiat sebagai antibakteri atau anti jamur serta anti nyamuk yaitu. tanaman pengusir nyamuk malaria. tanaman yang berkhasiat sebagai anti bakteri atau anti jamir serta anti nyamuk.