Takaran Gizi yang Paling Baik untuk Keluarga dan Anak



Supaya kebutuhan gizi dapat terpenuhi, Anda harus menkonsumsi macam-macam makanan sehat. Makan yang baik adalah makan dengan terpenuhinya kebutuhan gizi dalam tubuh, jadi bukan mengenai kuantitasnya. Keberagaman makanan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. Kebutuhan protein tidak selalu Anda dapatkan dengan mengkonsumsi telur saja, namun Anda bisa memanfaatkan sumber protein lainnya supaya lebih bervariasi, seperti tahu, tempe, ikan, dll.

Berikanlah gizi terbaik dalam pola makan keluarga Anda, ini sangat membantu Anda dan keluarga untuk terhindar dari berbagai penyakit dan obesitas. Ada beberapa kebutuhan nutrisi yang harus Anda cukupi supaya terhindar dari obesitas dan beberapa jenis penyakit.

Hasil statistik sangat mengejutkan, karena dari tiga anak satu atau lebih diantaranya mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, hal ini dalam 20 tahun terakhir mengalami peningkatan kurang dari 5%.

Kutipan dari Livestrong menjelaskan, risiko terkena diabetes dan penyakit jantung akan semakin meningkat ketika di usia kanak-kanak sudah mengalami kelebihan berat badan. Oleh sebab itu, asupan nutrisi berikut ini sangat diperlukan untuk mengurangi risiko tersebut.

Antioksidan

Zat antioksidan bermanfaat memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Radikal bebas terjadi karena adanya paparan racun dari asap kendaraan, asap rokok dan radiasi. Asupan gizi dari makanan yang banyak mengandung antioksidan sangat penting untuk mencegah terkena penyakit kronis.

Anda dapat memperoleh zat antioksidan yang tinggi dari beberapa jenis makanan, seperti blackberry, blueberry, berry, cranberry, anggur, ceri, apel, dan sayuran yang warna-warni. Disamping itu, antioksidan juga banyak ditemukan pada makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, daging, dan dark chocolate.

Lemak sehat

Asupan lemak sehat dalam pola makan sehari-hari keluarga sangat membantu menyehatkan saluran pencernaan, kulit dan menjaga fungsi otak serta meningkatkan perkembangannya. Selain itu, asam lemak esensial dengan sifatnya sebagai anti inflamasi membantu mengatasi reaksi alergi pada makanan serta lingkungan, dan membantu menjaga kesehatan kardiovaskular. Dalam diet sehat diperlukan asupan serat dari makanan, peran sarat dalam diet sehat untuk menurunkan kolesterol, mencegah konstipasi, mengurangi berat badan, dan menyeimbangkan gula darah.

Menurut Mayoclinic, melakukan diet dengan kandungan serat yang rendah dapat berakibat pada obesitas, kanker usus, diabetes, dan penyakit jantung. Gizi lain yang diperlukan tubuh adalah protein, asuoan protein sangat membantu pertumbuhan, meningkatkan perkembangan otak, dan membangun otot.

Kandungan serat dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan seperti sayuran dan buah, biji-bijan, kacang, dll. Untuk sumber protein yang baik dapat diperoleh dari susu, kacang-kacangan, daging yang tumbuh secara organik, biji-bijian, dan ikan.

Gula

Konsumsi gula berlebih menyebabkan fungsi kekebalan tubuh menjadi berkurang, menghambat proses penyerapan nutrisi, seperti magnesium serta kalsium, meningkatkan kadar kolesterol, depresi, mengurangi daya konsentrasi, dan menyebabkan anak mengantuk.

Untuk menjaga kesehatan keluarga Anda harus mengurangi asupan permen, buatlah jus buah tanpa menggunakan pemanis. Perbanyaklah konsumsi air, karena air berperan penting dalam kehidupan untuk menjaga fungsi metabolisme tubuh.

â??Makan itu bukan seberapa banyak, tetapi cukup, seimbang, sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Prinsipnya adalah keberagaman, keseimbangan, dan keamanan,â? kata Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, salah seorang ahli gizi IPB.




Takaran Gizi yang Paling Baik untuk Keluarga dan Anak | mysite | 4.5