Home » Berat badan » Suplemen dan Diet untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Suplemen dan Diet untuk Menurunkan Kolesterol Jahat



Kolesterol adalah jenis lemak  yang bergerak dalam aliran darah dalam partikel yang disebut lipoprotein. Menurut National Institutes of Health (NIH), Lipoprotein densitas rendah (LDL) dapat menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri, sehingga terjadi penyumbatan perlahan-lahan menyebabkan hambatan aliran darah dan  jantung harus bekerja ekstra untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan ketegangan pada jantung, sangat meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan kondisi yang mengancam jiwa seperti penyakit jantung dan stroke.

Untungnya, pengetahun tentang kolesterol telah berkembang pesat sehingga ada berbagai obat dan penyesuaian gaya hidup untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengelola kadar kolesterol. Secara khusus dokter dapat membantu merancang strategi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol sesua dengan kondisi anda, tapi di sini ada lima metode yang telah terbukti untuk dipertimbangkan sebagai metode menurunkan kolesterol secara efektif.

menurunkan kolesterol jahatSelalu pantau kadar kolesterol

Memantau kadar koleterol merupakan hal yang sangat vital dan mendasar  menjaga kesehatan jantung. Bagian Jantung, Paru dan Darah Nasional Institute of Health (NIH) merekomendasikan bahwa setiap orang yang berusia lebih dari 20 tahun perlu mengecek kadar kolesterol setidaknya sekali setiap lima tahun. terutama bagi mereka yang kelebihan berat badan, suka makan makanan yang mengandung banyak lemak dan jarang berolaharaga. Jika kolesterol Anda mencapai tingkat berbahaya, sangat dianjuran untuk melakukan pemeriksaan rutin sampai kembali normal.

Perubahan Diet

Melacak apa yang Anda makan dan membuat perubahan pola makan kecil dapat memiliki dampak yang besar terhadap kadar kolesterol. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan kalori dalam jumlah besar. Sebaliknya, pilihlah makanan yang mempunyai dampak baik terhadap jantung seperti ikan dan minyak ikan, yang sarat dengan omega-3, asam lemak omega-3 terbukti dapat menurunkan kolesterol. Bila mungkin, makan makanan nabati, kaya fitonutrien dan dengan beban glikemik rendah (tidak cepat dilepaskan kedalam darah).

Diet sehat yang seimbang juga harus mencakup makanan tinggi serat, seperti buah dan sayuran dan ahli diet merekomendasikan gandum utuh . Walnut, almond dan kacang-kacangan lain juga makanan yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol, meskipun mereka harus dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak karena memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Perubahan gaya hidup

Perubahan kecil untuk merubah gaya hidup kearah yang lebih sehat tidak hanya dapat menurunkan kolesterol yang baik untuk jantung, tetapi juga membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Dokter menyarankan melakukan beberapa bentuk latihan selama sekitar 30 menit per hari.

Olahraga aerobik seperti berenang, jalan dan jogging dianggap sangat membantu dalam mengontrol dan menurunkan kolesterol. Anda juga harus mengatasi kebiasaan gaya hidup buruk yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika kolesterol Anda tinggi, berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol Anda secara signifikan dapat mengurangi resiko terkena kondisi kardiovaskular serius.

Suplemen untuk menurunkan kolesterol

Sementara diet sehat dan seimbang harus memberikan nutrisi yang diperlukan untuk memerangi kolesterol tinggi, suplemen tertentu juga dapat membantu meninkatkan kolesterol yang sehat (HDL). Anda dapat mengkonsumsi vitamin suplemen seperti omega-3, vitamin D3 dan glukomanan dan serat makanan . Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Anda tentang suplemen resep kuat, seperti vitamin B3 (niasin) dosis tinggi.

Obat untuk menurunkan kadar kolesterol

Kadang-kadang, bahkan penyesuaian gaya hidup yang paling bijaksana dan obat-obatan alami hanya dapat mencapai keberhasilan yang terbatas. Dalam kasus seperti itu Anda mungkin membutuhkan obat tambahan untuk secara efektif mengelola kolesterol Anda, terutama jika risiko kardiovaskular anda tinggi. Statin – obat yang menurunkan kadar kolesterol LDL – adalah obat yang paling sering diresepkan untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi. Obat lain seperti resin asam empedu dan fibrat, yang bekerja untuk menurunkan kadar trigliserida darah, juga terbukti efektif dalam mempercepat proses.




loading...

Artikel terkait Suplemen dan Diet untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

obat kolestrol sabu sabu. suplemen untuk menjaga kolesterol. suplement yang boleh turunkan kolesterol. vitamin khusus nurunkan colestrol. vitamin untuk mengobati kolesterol. vitamin untuk menurunkan kolesterol jahat.