Efek Samping Steroid Bagi Tubuh



Selama kuartal pertama dari abad ke-20 steroid diciptakan. Sejak itu, steroid telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk nafsu makan yang rendah, AIDS, pertumbuhan tulang, kondisi kronis wasting akibat kanker, keterlambatan pubertas dll

Kita tahu steroid anabolik dikenal untuk meningkatkan kinerja atletik dan pertumbuhan otot. Steroid anabolik juga memiliki kualitas androgenik karena berasal dari hormon pria. Jadi bila menggunakan obat-obatan ini dapat mempengaruhi karakteristik seksual.

Karena kemampuan steroid untuk meningkatkan kinerja atletik dan kekuatan, pada awal tahun 60-an jenis obat ini mulai disalahgunakan oleh banyak orang dalam bidang olahraga.

Penggunaan yang salah dan overdosis dapat menimbulkan berbagai efek samping dan banyak negara memberlakukan larangan distribusi dan memproduksi untuk mengontrol penggunaan steroid anabolik. Sekarang obat ini, hanya dapat dibeli dengan resep dokter.

Efek paling umum dari asupan steroid adalah:

  • Meningkatkan pertumbuhan tulang.
  • Meningkatkan massa tubuh secara keseluruhan dengan pertumbuhan otot meningkat dalam waktu singkat.
  • Mengurangi berat badan dengan membakar banyak lemak tubuh.
  • Steroid dapat mempengaruhi karakteristik seksual. Pada wanita, mereka mungkin mengalami perubahan dalam pita suara dan hasilnya adalah suara yang lebih dalam seperti pria. Pria mungkin mengalami efek pada dada seperti pembesaran pada dada karena peningkatan kadar estrogen karena tubuh berusaha untuk menyeimbangkan kadar hormon.
  • Meningkatkan jumlah jerawat.
  • Mengangkat tekanan darah.
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut (kemaluan, wajah, kepala).
  • Lebih tinggi kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan tingkat kadar kolesterol baik (HDL). Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kardiovaskular.
Baca juga :   Penyebab dan Cara Mengobati Usus Buntu Secara Alami

Dengan semua efek dari steroid anabolik, disarankan untuk sangat berhati-hati ketika ingin membelinya, penggunaan harus diawasi oleh ahli kesehatan atau dokter.

Untuk beberapa negara, yang ingin mendapatkan obat-obatan steroid tanpa resep mungkin termasuk tindakan ilegal. Juga Anda perlu saran medis profesional di setiap tingkat penggunaan steroid agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Steroid anabolik yang terkenal karena penggunaannya dalam binaraga dan olahraga, karena steroid dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otot dengan memanipulasi sintesis protein.

Steroid anabolik sering digunakan oleh model, atlet binaraga dan olahraga karena kemampuannya untuk membangun otot dalam waktu singkat dengan sedikit usaha. Namun, obat ini memiliki efek samping berbahaya ketika seseorang menyalah gunakannya.

Efek paling umum dari steroid anabolik adalah:

  • Gangguan dalam produksi hormon. Hal ini karena steroid adalah hormon laki-laki dan kelebihan testosteron akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini mendorong tubuh bekerja untuk menyeimbangkan kadar hormon dengan cara menaikan produksi estrogen (hormon wanita).
  • Peningkatan estrogen yang terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Hasilnya antara lain pembesaran klitoris, pendalaman suara dan pertumbuhan rambut pada wanita. Pada pria, pembesaran buah dada.
  • Dapat menyebabkan kerusakan hati jika dikonsumsi dengan cara diminum. Alasannya karena steroid anabolik mengubah banyak enzim inti hati.
  • Peningkatan kadar kolesterol. Banyak orang yang berolahraga menggunakan steroid anabolik, dan dari hasil uji  laboratorium menunjukan HDL (kolesterol baik) turun. Efek lainnya yaitu peningkatan kolesterol jahat  (LDL) yang dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskuler seperti aterosklerosis, penyakit koroner dan stroke.
  • Peningkatan jumlah jerawat.
  • Peningkatan tekanan darah.
Baca juga :   Zelboraf untuk Menyembuhkan Kanker Kulit Melanoma

Mengingat efek samping yang banyak dan berbahaya, maka jika anda memutuskan untuk membeli steroid anabolik maka harus dikonsultasikan dengan ahli medis. Penggunannya telah dilarang oleh hampir semua badan olahraga utama karena penyalahgunaan dari zat tersebut.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *