Home » Berat badan » Penyakit dan Terapi » Sembelit Susah Buang Air Besar Pada Anak

Sembelit Susah Buang Air Besar Pada Anak



anak sembelitSembelit pada bayi dan anak sering membuat orang tua merasa frustasi. Bisa berhari-hari anak tidak BAB yang membuatnya susah makan dan kurang ceria seperti biasanya karena anak merasa tidak nyaman dan begah di perut.

Penyebab sembelit, susah buang air besar pada balita

Yang menjadi penyebab tersering sembelit pada bayi dan anak-anak adalah asupan makanan (diet) yang diberikan orang tua. Kombinasi antara susu dan makanan tinggi lemak dengan makanan yang kurang serat sering menjadi penyebabnya, selain itu konsumsi air juga menjadi faktor penting. Biasanya anak terlalu banyak minum susu berlemak tinggi/full cream dan susah makan buah dan sayur.

Untuk mengurangi gejala susah buang air besar:

# Mengurangi susu segar/berlemak tinggi/full cream diganti dengan susu kedelai atau susu rendah lemak biasanya cara ini banyak membantu.

# Hindari makanan berlemak dan berminyak seperti gorengan dan fast food.

# Perbanyak minum air putih. Pertolongan pertama untuk sembelit pada anak-anak dan dewasa sama yakni banyak minum air putih sehingga feses menjadi lunak.

# Berikan makanan yang mengandung banyak serat seperti buah dan sayuran. Jika anak tidak suka maka coba dengan tampilan yang lain seperti jus dan mencoba resep sayuran baru.

# Sebagai pertolongan terakhir gunakan obat-obatan pelunak feses atau pencahar yang diperuntukan untuk anak sesuai resep.

Pencegahan sembelit

Makanan dan minuman yang bisa mencegah sembelit

  • Buah yang bisa dimakan bersama kulitnya seperti apel, anggur dan buah pir.
  • Buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan melon
  • Sayuran segar/lalapan
  • Kacang-kacangan
  • Sup sayuran

Mengatasi sembelit pada anak

  • Saat berbelanja di supermarket bacalah label makanan untuk mengidentifikasi makanan dan jajanan yang mengandung banyak serat
  • Gunakan obat-obatan laksatif pelunak feses dan atau suplemen serat. Obat laksatif banyak tersedia di toko, supermarket, dan apotik terdekat. Biasanya untuk anak yang dimasukan melalui dubur, atau bisa juga yang berbentuk pencahar untuk anak atas rekomendasi dokter.
  • Ajak anak untuk kebelakang setiap hari untuk membentuk kebiasaan. Katakan padanya untuk tidak menahan BAB atau mengejan berlebihan saat BAB.
  • Ajak anak untuk berolahraga
  • Berikan edukasi pada anak dan orang tua juga harus menjaga anak untuk diet tinggi serat, rendah lemak dan tinggi cairan secara berkelanjutan, itu karena konstipasi perlu waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk dapat terkoreksi dengan baik.

Biasanya orang tua sudah merasa lega kalau anak sudah BAB setelah beberapa hari sembelit kemudian melakukan kesalahan yang sama yang membuat anak sembelit. Susah buang air besar perlu waktu yang lama untuk benar-benar kembali seperti semula jadi orang tua dan anak harus disiplin menjaga pola makan dan kebiasaan hidup sehat.

 




loading...

Artikel terkait Sembelit Susah Buang Air Besar Pada Anak

sayur pelunak bab pada bayi. obat pengencer feses untuk anak. makanan pelunak feses bayi alami. makanan tinggi serat untuk anak susah bab. obat pelunak feses untuk anak. tindakan pertama pada pasien anak anak yng sulit bab. obat pelunak fases pada bayi.