Home » Info Kesehatan » Seberapa Besar Kadar Karbohidrat Yang Baik Untuk Diabetes?

Seberapa Besar Kadar Karbohidrat Yang Baik Untuk Diabetes?



kadar karbohidrat yang baik untuk diabetesJika Anda mempunyai diabetes tipe 1, Anda harus pintar mengontrol makan Anda dengan jumlah insulin yang benar, untuk membantu menggunakan glukosa dalam darah. Dan kalau Anda mengalami diabetes tipe 2, obat-obatan oral dapat membantu Anda menggunakan insulin untuk menjaga kadar glukosa dalam darah normal. Berbicara tentang glukosa, karbohidrat adalah aktor utamanya.

Karbohidrat merupakan salah satu hal utama yang berhubungan dengan diabetes. Banyak yang meyakini bahwa konsumsi karbohidrat yang terlalu over, dapat meningkatkan diabetes. Di bawah ini, kita akan mengetahui seberapa besar kadar karbohidrat yang baik untuk diabetes, dan selain itu juga akan membahas tentang serat yang baik untuk diabetes.

Asupan Karbohidrat Per Hari

The American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan untuk mengontrol karbohidrat Anda pada kisaran 55% sampai 65% dari asupan harian Anda. Sedangkan, American Association of Clinical ahli endokrin (AACE) merekomendasikan antara 55% sampai 60%. Kedua organisasi tersebut menunjukkan bahwa meskipun karbohidrat secara langsung mempengaruhi gula darah, bukan artinya itu adalah musuh. Karbohidrat sangat berguna bagi kesehatan tubuh, karena karbohidrat adalah sumber energi dengan memecah menjadi glukosa.

Baca juga :   Gejala Awal Penyakit Liver

Apa Itu Indeks Glikemik?

Indeks tingkat glikemik karbohidrat menurut banyak peneliti, dapat menaikkan glukosa dalam darah. Karbohidrat seperti permen, gula, atau kue memiliki indeks glikemik tinggi.

Indeks glikemik dapat membantu untuk menentukan berapa jumlah karbohidrat yang baik untuk Anda. Karena tidak semua jenis karbohidrat itu mempengaruhi kadar glukosa dalam darah. Mengetahui mana makanan yang mengandung indeks glikemik rendah, dapat membantu Anda merencanakan pola makan yang efektif.

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik karbohidrat yang rendah, adalah intinya. Jika Anda mengkonsumsinya, maka tidak akan menjadi masalah. Namun, selalu berkonsultasi dengan dokter untuk pemilihan makanan dengan indeks glikemik karbohidrat yang rendah ini, untuk mencari aman.

Konsumsi Serat, Baik Untuk Diabetes

Serat adalah salah satu makanan penting untuk para penderita diabetes. Meskipun serat dianggap karbohidrat, mereka tidak meningkatkan kadar glukosa darah, malahan asupan serat ini dapat menurunkan kadar glukosa pada penderita diabetes.

Jumlah yang disarankan untuk konsumsi serat bervariasi tetapi banyak penelitian yang menyarankan bahwa minimal 25 gram sehari. Sebuah analisis skala besar dalam Journal of American College of Nutrition merekomendasikan kisaran 25 sampai 50 gram serat per hari.

Baca juga :   Hilangkan Kebiasaan Memukul Anak

Banyak orang yang tidak cukup konsumsi serat. Anda bisa mendapatkan serat ini dari roti gandum, sereal gandum, beras merah, buah-buahan, jenis kacang-kacangan, sayur-sayuran dan lain sebagainya, yang dapat membantu Anda mencapai kebutuhan serat Anda. Jika Anda meningkatkan asupan serat Anda, selalu untuk minum setidaknya 8 gelas air per harinya.

Selain serat, menurut ADA, lemak harus dikonsumsi pada kisaran 25% sampai 30% dari pola makan Anda dan asupan protein harus sekitar 11% sampai 18%. Konsumsi putih telur, daging ayam, dan produk kedelai membantu menjaga kadar kolesterol turun.

 




loading...

Artikel terkait Seberapa Besar Kadar Karbohidrat Yang Baik Untuk Diabetes?