Home » Penyakit dan Terapi » Penyebab dan Pengobatan Rosacea

Penyebab dan Pengobatan Rosacea



RosaceaRosacea, merupakan gangguan pada wajah yang ditandai dengan wajah terlihat memerah. Saat rosacea menyerang, pembuluh darah yang bercabang pada wajah akan nampak, dan itu sangat mengganggu. Menurut sebuah survey dari National Rosacea Society, sekitar 14 juta orang di Amerika telah terkena penyakit ini.

Penyakit rosacea ini, banyak diderita oleh orang yang berumur di atas 30 tahun. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk  mengatsi penyakit ini adalah dengan cara pengobatan topikal dan pengobatan dengan laser. Penyakit ini, termasuk penyakit yang tidak membahayakan jiwa. Untuk mengetahui tentang penyakit ini lebih lanjut, berikut akan disajikan beberapa hal yang menyangkut tentang rosacea.

Tanda Dan Gejala Rosacea

Beberapa tanda atau gejala umum yang harus Anda perhatikan jika Anda terkena penyakit ini adalah:

1. Muncul warna merah di pipi, di dagu dan dahi tanpa sebab. Warna merah di wajah ini juga bisa muncul pada bagian lain, semisal di leher, dada atau telinga.

2. Pembuluh darah terlihat dan berkembang di kulit.

Rosacea, juga dibedakan menjadi beberapa macam tahap. Pada tahap awal, penyakit ini akan menyebabkan pipi menjadi merah dengan cepat. Bagi beberapa pasien yang cepat tanggap, hal tersebut bisa diatasi. Namun, untuk yang tidak, malah akan menghadapi tahap lanjutan, yaitu akan muncul benjolan atau jerawat di pipi. Bentuk dari rosacea tersebut, akan lebih terlihat parah pada penderita pria, yang muncul di sekitar hidung yang mengalami penebalan, yang biasa disebut rhinophyma atau â??hidung bulatâ?.

Perlu Anda ketahui juga bahwa rosacea yang bertipe rhinophyma atau hidung bulat, tak selamanya akan diderita jika diobati dengan tepat.

Orang Yang Berpeluang Terkena Rosacea

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berusia diatas 30 tahun, itu lebih berpotensi terkena penyakit ini. Dan harus diketahui, penyakit ini tidak kenal jenis kelamin dalam menyerang, jadi siapa pun bisa. Orang yang biasa terkena penyakit ini memang keturunan orang Inggris atau Irlandia, tapi tidak menutup kemungkinan untuk terkena penyakit ini bagi siapapun.

Penyebab Rosacea

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang dapat terkena Rosacea. Beberapa contoh penyebab yang bisa menyebabkan penyakit ini adalah sinar matahari, etnis atau kebangsaan, dan pembuluh darah yang terlalu dekat dengan permukaan kulit.

Pengobatan Rosacea

Rosacea adalah suatu penyakit yang tak bisa disembuhkan, namun hanya bisa dikontrol. Cara pengontrolan penyakit ini, yakni dengan antibiotik topikal, yang diantaranya MetroGel, Rosac dan jenis antibiotik oral.

Dokter juga menyarankan untuk menggunakan tabir surya jenis spektrum, yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Jenis yang bisa dipakai adalah Mexoryl dan Helioplex. Namun untuk penangan yang lebih efektif, selalu konsultasi dengan dokter.

 




loading...

Artikel terkait Penyebab dan Pengobatan Rosacea

atasi rosacea. terapi rosacea. gangguan kulit rosacea. obat penyakit rosacea. penatalaksanaan rosacea. pengobatan terkena rosacea. penyakit kulit rosa.