Home » Makanan dan Minuman » Penyakit dan Terapi » Redakan Kram Otot Dengan Makan Pisang

Redakan Kram Otot Dengan Makan Pisang



kramKram otot merupakan cedera paling umum ketika melakukan olahraga. Hal ini dapat terjadi saat otot bekerja terlalu keras dan juga bisa ditimbulkan karena belum melakukan peregangan sebelum berolahraga atau karena dehidrasi. Penyebab lain terkena kram otot adalah kurangnya olahraga. Otot itu butuh suatu stimulasi teratur untuk menjaga kesehatnnya. Daripada Anda hanya duduk menonton televisi, atau malas â?? malasan yang berakibat terkena kram saat malam hari, mending Anda melakukan olahraga kecil, semisal jalan â?? jalan atau jogging disekitar rumah Anda. Saat di kantor, mungkin olahraga sangat sulit untuk dilakukan. Solusinya adalah dengan melakukan peregangan sebelum bekerja atau saat jam makan siang, Anda bisa dapat melakukan olahraga kecil, misalnya melakukan tracking atau jogging kecil kalau bisa.

Dari segi nutrisi, kram dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalium. Kalium sendiri merupakan elektrolit yang mengontrol kesetimbangan cairan sel dalam tubuh. Nah, tugas utamanya yaitu menjaga keseimbangan cairan di kedua sisi dinding sel. Sewaktu tubuh kehilangan cairan misal melalui keringat, ketidakseimbangan akan terjadi, yang kemudian akan menyebabkan sel otot menyusut. Saat itu, kalium dengan dibantu leh garam, akan membantu menyampaikan pesan ke sistem saraf. Pesan yang disampaikan tadi disebut impuls saraf, yang dapat membantu untk mengontrol kontraksi otot yang terjadi.

Baca juga :   5 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kekurangan kalium pada tubuh, dapat diatasi dengan mengkonsumsi pisang. Pisang sangat bergizi dan mempunyai kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Orang yang sedang menjalani program pemebentukan otot, dianjurkan untuk makan pisang, karena kaya akan kalium.

Setelah melakukan olahraga, dan badan terasa lelah. Mengkonsumsi pisang sangat dianjurkan. Kalium yang terkandung dalam pisang, sangat membantu memulihkan kondisi setelah berolahraga.

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa saat mengalami kram, tubuh kekurangan cairan dan kekurangan kalium. Saat itu, tubuh memerlukan suatu elektrolit untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Buah pisang yang rasanya manis ini adalah jawabannya.

Saat terjadi kram, otot akan berkontraksi dan terasa tegang, jadi paling mudah untuk menghadapinya adalah dengan makan buah pisang sehari sekali. Satu buah pisang dapat mengandung 450 sampai 470 mg potasium, atau sekitar 15% dari jumlah potasium yang diperlukan dalam tubuh. Tambahan potasium lain yang bisa Anda dapatkan dari bahan kacang â?? kacangan, wortel, kentang dan lain sebagainya.

Kram memang sangat mengganggu. Sebelum itu terjadi, lakukan hal â?? hal yang akan membuat kram itu tak akan terjadi. Misalnya, peregangan sebelum beraktivitas, dan tentunya paling sederhana adalah makan buah pisang.

Baca juga :   Manfaat Cokelat untuk Kesehatan



loading...

Artikel terkait Redakan Kram Otot Dengan Makan Pisang