Home » Info Kesehatan » Reaksi Yang Bisa Muncul Saat Alergi

Reaksi Yang Bisa Muncul Saat Alergi



alergiAlergi adalah reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh ketika benda asing masuk. Ketika subtansi tak dikenal masuk ke dalam tubuh, maka antigen tubuh akan meningkatkan daya imunitasnya untuk bekerja lebih giat. System kekebalan tubuh akan memproteksi tubuh dari kerusakan yang ditimbulkan dari racun atau bakteri dari benda asing tersebut. Tetapi jika tubuh melakukan reaksi berlebihan terhadap subtansi pelemah tersebut maka akan terjadi hipersensivitas (alergi). Beberapa penderita alergi dapat bereaksi berlebihan dan tidak biasa ketika menderita alergi.

Berikut reaksi aneh yang ditimbulkan oleh alergi.

  1. Ruam gatal. Alergi ini terjadi pada anak yang memakai nikel di kawat giginya. Logam perak pada gigi biasanya dicampur dengan logam lain. Nikel adalah logam yang umum memicu reaksi alergi yang berupa kulit memerah, gatal, ruam bergelombang.
  2. Luka pada alat kelamin. Seorang pria \ pernah mengalami reaksi alergi setelah berhubungan intim dengan pasangannya yang sebelumnya menggunakan obat vagina berbentuk krim. Pria tersebut ternyata memiliki kepekaan kotrimoksasol, yaitu antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri yang ada pada krim vagina. Akibatnya penis akan terluka setelah berubungan intim.
  3. Tumor kulit. Alerg tumor kulit ini terjadi pada pria setelah sebulan menato tubuhnya. Hal ini dikaitkan bahwa tinta tato merah penyebab terjadinya tumor pada kulit. Para ahli mengatakan bahwa kulit menganggap tinta merah sebagai zat asing yang dapat memicu responkekebalan tubuh untuk menolaknya.
  4. Kulit lecet, gatal-gatal, dan membengkak. Orang yang alergi terhadap sinar matahari akan mengalami gejala seperti lecet, gatal-gatal dan pembengkakan kulit. Reaksi abnormal terhadap sinar matahari biasanya karena sinar ultraviolet.
  5. Bintik hitam pada kulit. Bintik-bintik hitam di kulit terjadi pada orang yang alergi terhadap resin. Resin merupakan zat hasil sekresi tanaman yang mungkin terbawa angin dan mengenai kulit atau pakaian.
    Reaksi alergi tersebut akan menyebabkan kulit muncul bintik-bintik hitam yang kemudian akan terkelupas dan akan sembuh dengan tanpa meninggalkan bekas.
  6. Pembengkakan lidah. Alergi ini dengan sindrom alergi oral. Hal ini terjadi ketika kekebalan tubuh mengenali protein dalam buah dan sayur sama dengan serbuk sari di udara. Sindrom ini akan  mempengaruhi hingga sepertiga dari penderita alergi dan dapat terjadi kapan saja,
  7. Pantat berwarna merah. Orang yang terpapar logam, obat-obatan dan tanaman tertentu dapat mengalamisindrom baboon. Sindrom ini ditandai dengan ruam berwarna merah terang, terutama pada pantat, yang mirip dengan pantat baboon. Ruam merah dapat ditemukan di anus, alat kelamin dan paha bagian dalam dan bisa berkembang menjadi gatal yang perih. Tetapi, sindrom ini tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius.
Baca juga :   Cara Penularan dan Cara Menghindari Penyakit Herpes



loading...

Artikel terkait Reaksi Yang Bisa Muncul Saat Alergi