Home » Penyakit dan Terapi » Ramuan Tradisional untuk Mengobati Wasir

Ramuan Tradisional untuk Mengobati Wasir



Terjadinya wasir atau ambien dikarenakan pembuluh darah balik atau vena membesar yang menyebabkan suatu kelainan pada area dubur yang terjadi di bawah rectum atau usus besar. Bila di amati secara anatomis, wasir bukanlah suatu penyakit melainkan terjadinya perubahan bantalan pada pembuluh darah di daerah dubur. Bantalan tersebut akan mengalami pembesaran dan melebar.

Pengobatan untuk wasir akan disesuaikan dengan tingkat keparahan. Obat tradisional masih efektif untuk mengatasi wasir yang berada pada kondisi ringan, terutamanya penggunaan herba yang berkhasiat. Berikut ini ada beberapa obat tradisional yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan wasir:

1. Sosor bebek

Cucilah dengan bersih 50 lembar daun sosor bebek, kemudian angin-anginkan hingga kering, setelah itu tumbuklah daun hingga halus dan gunakanlah wadah tertutup rapat untuk menyimpan daun yang sudah ditumbuk. Siapkan bubuk daun sosor bebek kemudian ambil satu sendok makan saja dan seduhlah dengan secangkir air panas, untuk variasi lain dapat menambahkan madu. Aduk hingga rata dan minum ketika sudah hangat. Dapat Anda minum ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Tapak liman (Elephantopus scaber)

Gunakanlah 1,5 liter air untuk merebus daun tapak liman sebanyak 0,5 kg, kemudian rebus memakai panci yang bagian tengah tutupnya berlubang. Bila sudah panas, angkatlah panci dan keluarnya uap air pada lubang tutup panci untuk diarahkan ke dubur. Setiap hari lakukanlah 2 kali.

4. Lidah buaya (Aloe vera)

Buatlah jus dari lidah buaya, dengan menambahkan secukupnya bubuk gambir dan norit. Kemudian aduklah sampai merata sebelum dioleskan ke area wasir.

Cara kedua, parut atau dibuat jus. Tambahkan air matang satu gelas saja sudah cukup dan madu murni dua sendok makan. Aduk dahulu sebelum disaring. Minumlah air sarinya.

5. Akar kangkung

Akar kangkung ini berfungsi sebagai obat luar, cuci bersih akar kangkung kemudian direbus. Gunakanlah air rebusannya untuk membersihkan atau mengkompres anus.

Cara kedua, cuci sampai bersih sedikit akar kangkung atau segenggam saja, tambahkanlah 3 gelas air untuk merebus dan rebus hingga airnya menjadi separuhnya. Dinginkan dulu airnya sebelum diminum, sehari minum 2 ½ gelas.

6. Terong ungu

Keringkan akar terong ungu sebanyak 15 gr dan gilinglah sampai membentuk bubuk. Lalu campurkan 3 gr bubuk tersebut dengan bubuk dari sambiloto, campurkan dengan jus lidah buaya dan usapkan pada area yang terkena wasir.

7. Pisang batu/klutuk

Cuci bersih pisang batu muda sebanyak 3 hingga 5 untuk diparut lalu diperas. Tambahkanlah gula merah atau aren dan pulosari pada air perasannya. Sebelum disaring aduklah terlebih dahulu. Konsumsilah minuman ini sehari 1 hingga 2 kali.




loading...

Artikel terkait Ramuan Tradisional untuk Mengobati Wasir

manfaat yakult untuk ambeien. apakah yakult dapat mengobati ambeien. minum yakul untuk ambeyen. minum yakult boleh buat ambeyen. yakult menyembuhkan wasir.