Pria Lebih Berisiko Terkena Sakit Kepala Cluster



sakit kepala clusterSakit kepala adalah gangguan yang sangat menyiksa. Tahukah Anda bahwa sakit kepala itu juga ada jenis-jenisnya? Mungkin yang Anda tahu sakit kepala itu jenisnya hanya sakit kepala biasa atau sakit kepala migrain saja. Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis lain dari sakit kepala. Jenis yang lain dari sakit kepala yaitu sakit kepala Cluster. Sakit kepala ini memang jarang terjadi, tapi sangat menyakitkan jika sampai terkena.

Sakit kepala Cluster bisa terjadi berulang-ulang, yang biasanya sembuh cukup lama. Biasanya penderita akan mengalaminya slama 4 sampai 8 minggu. Tapi, ada juga yang sampai 12 minggu, itu tergantung dari tindakan penyembuhannya, serta kondisi si penderita.

Gejala Terkena Sakit kepala Cluster

Sakit kepala cluster sering membangunkan penderita saat tidur, dan juga bisa terjadi pada siang hari. Gejala yang akan terjadi saat terkena penyakit ini adalah merasakan rasa nyeri parah pada salah satu sisi wajah. Biasanya ditandai dengan pembengkakan pada kelopak mata, dimana mata akan menjadi merah, dan mengalami flu pada sisi wajah yang terkena. Saat sudah terserang, badan akan terasa sangat lemah. Nyeri yang diakibatkan sakit kepala Cluster, juga bisa merambat ke daerah lain, misal leher, gigi atas dan rahang.

Baca juga :   Jenis Kontrasepsi KB pria

Saat sakit kepala cluster ini terjadi hampir setiap hari selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, tapi kemudian berhenti selama sebulan atau lebih, ini dinamakan episodik. Untuk sakit kepala cluster yang kronis, sakit kepala bisa terjadi setiap hari selama lebih dari setahun, yang biasanya kadang sembuh, tapi kemudian kambuh lagi.

Pria lebih sering terkena daripada wanita

Perbandingan pria dengan wanita untuk penyakit ini adalah 2:1, yang menunjukkan bahwa resiko pria terkena penyakit ini lebih besar dari wanita. Pria lebih berisiko terkena penyakit ini, karena kebiasaan pria yang sering melakukan gaya hidup tidak sehat, misal merokok, minum minuma keras, atau bisa juga karena depresi. Penyakit ini biasanya muncul pada seseorang saat usianya menginjak umur 20 hingga 40 tahun.

Menurt dokter David Rothner, MD, seorang ahli sakit kepala Cleveland, menyatakan bahwa penderita sakit kepala Cluster, sangat sulit untuk bisa beristirahat, karena kondisi kepala yang sangat sakit.

Itulah paparan singkat mengenai sakit kepala cluster. Setelah mengetahui gejala dan penyebabnya, dari sekarang Anda bisa meninggalakan kebiasaan buruk, agar Anda tidak sampai terserang penyakit ini. Dan meskipun pria lebih berpotensi, bagi para wanita, juga jangan merasa aman untuk tidak terkena penyakit ini, karena bisa saja terserang. Tetap menjaga kesehatan Anda, dengan hidup sehat, agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Baca juga :   Penyakit Gagal Ginjal



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *