Pijat Sinus Dengan Jari Dapat Meringankan Sinusitis



pijat sinusSinusitis terjadi saat sinus kita mengalami infeksi karena pilek atau alergi. Anda harus tahu, bahwa sinus berperan untuk menyaring polutan dan bakteri lewat bulu-bulunya pada rongga sinus. Penderita sinusitis sangat terganggu oleh penyakit ini saat beraktivitas atau akan tidur. Mereka akan merasa kesal karena penyakit ini menyebabkan penyumbatan pada hidung, sehingga penderita kesulitan untuk bernafas, kesulitan tidur dan sakit kepala bahkan bisa membuat pandangan kabur. Biasanya, para penderita sinusitis, akan menggunakan obat untuk menghilangkan gangguan yang disebabkan penyakit ini. Tapi, efek obat yang ditimbulkan akan merugikan penderita, karena ada efek sampingnya, misalkan mengantuk dan tidak bisa berkonsentrasi dalam kerja.

Jika Anda sebagai penderita penyakit ini, memang tekanan yang disebabkan penyumbatan akibat sinusitis sangat menyakitkan. Cara terbaik untuk mengusir sinusitis yaitu dengan melakukan pijat sinus. Cara ini merupakan bantuan yang sangat efektif untuk mengusir tekanan akibat sinusitis. Sangat praktis, karena hanya dengan menggunakan jari dan bantuan minyak kayu putih saja. Nah, berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah pijat sinus untuk Anda yang ingin mengusir sinusitis.

Baca juga :   4 Kegiatan Untuk Menjaga Fungsi Otak

Langkah â?? langkah Pijat Sinus

1. Duduklah atau tidurlah pada tempat yang membuat Anda nyaman. Jangan lupa persiapkan minyak kayu putihnya.

2. Oleskan minyak kayu putih pada jari yang akan digunakan untuk pijat sinus, bisa menggunakan jari telunjuk atau tengah (Perlu diperhatikan: jangan terlalu banyak menggunakannya dan jangan digunakan sewaktu pemijatan dilakukan pada daerah yang sangat dekat dengan mata).

3. Langkah pertama pemijatan adalah letakkan masing-masing jari telunjuk atau jari tengah Anda pada bagian tengah dahi, tepat di atas alis Anda. Kemudian, dengan lembut dan pelan â?? pelan, lakukan pemijatan secara berirama, dan ulangi beberapa kali untuk mendapatkan manfaatnya. Pemijatan bagian ini membuat Anda akan melepaskan tekanan yang diakibatkan sinusitis. Dan efek hangat dari minyak kayu putih, akan membuat Anda lebih relaks.

4. Setelah itu, jari yang teletak di tengah dahi tadi di tarik dengan arah berlawanan, dan ulangi beberapa kali.

5. Langkah pijat sinus selanjutnya dengan memijat daerah samping hidung, di bawah mata. Pijatlah dengan lembut, kemudian tarik jari dengan pelan dari bagian atas samping hidung, hingga ke bagian bawah samping hidung, lakukan beberapa kali.

Baca juga :   7 Vitamin untuk Mempertajam Daya Ingat

6. Langkah selanjutnya, dengan memijat tulang pipi di bawah mata. Tarik kedua jari dari bagian tulang pipi dekat hidung sampai ke ujung tulang pipi.

7. Terakhir, gunakan kedua jari telunjuk Anda untuk memijat bagian bawah hidung Anda, yang sebelumnya telah diolesi minyak kayu putih pada kedua jari Anda. Pemijatan ini dilakukan dengan fungsi dapat memperlancar pernapasan Anda.

Pijat sinus sangat praktis dan mudah, Anda bisa melakukannya sendiri, atau dengan bantuan orang lain. Anda juga dapat minum jahe hangat setelahnya, yang dapat membuat tubuh Anda lebih relaks setelah pemijatan. Dan alangkah baiknya jika pijat sinus ini, ditambah dengan kegiatan yang juga mendukung untuk mengusir sinusitis, misal berolahraga, tidur teratur, atau menghindari rokok dan alkohol. Perlu juga diingat, bahwa setiap pemijatan lakukan dengan tempo 1 hingga 2 menit saja.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *