Home » Info Kesehatan » Wanita » Persalinan Tanpa Nyeri Rasa Sakit

Persalinan Tanpa Nyeri Rasa Sakit



bayi sehatSifat dasar manusia untuk mencapai kenyamanan menjadi motivasi untuk melakukan persalinan tanpa nyeri. Berbagai bidang ilmu mengembangkan cara-caranya tersendiri misalnya dengan anestesi, psikologi dan hypnosis.

Pada dasarnya rasa nyeri diperlukan pada saat persalinan normal pervaginam karena rasa sakit tersebut yang memicu kontraksi rahim sehingga bayi dan plasenta dapat dilahirkan dengan dorongan tersebut.

Banyak ibu yang menginginkan persalinan tanpa rasa nyeri atau dengan rasa sakit minimal terutama calon ibu yang baru akan memiliki anak pertama.

Berikut adalah beberapa tehnik cara persalinan dengan sedikit atau tanpa rasa nyeri

1. Anelgesi dan anestesi

Anelgesi adalah mengurangi rasa nyeri tanpa menghilangkan sensori seperti rasa takut, cemas, mual dan sebagainya, biasanya ibu akan tetap sadar. Anestesi adalah mengurangi rasa sakit dengan mengurangi juga sensori sehingga juga mengurangi rasa takut, kecemasan mual dan lain-lain.

Pada saat melahirkan, untuk mengurangi rasa sakit biasanya dokter akan memberikan analgesia lokal pada jalan lahir, dengan tehnik blok syaraf, tertentu maupun, anestesi seluruh tubuh. Informasi mengenai anestesi dan anelgesi untuk mengurangi nyeri persalinan dapat dilihat disini.

Baca juga :   Waspadai Pestisida Pada Buah Impor

2. Hypnosis

Praktek hipnosis untuk mengurangi nyeri persalinan dapat dilakukan oleh instruktur atau ibu juga bisa mengikuti kelas self-hypnosis. Setelah mengikuti kursus ini ibu akan mampu mengendalikan  dan mengurangi rasa sakit pada saat terjaga. Seperti dikatakan sebelumnya, rasa sakit tidak dihilangkan sepenuhnya karena memang dibutuhkan untuk kontraksi otot uterus.

3. Cara lain

Ada beberapa metode yang dikembangkan untuk membantu ibu saat menghadapi persalinan contohnya mengalihkan rasa sakit dengan musik, mempelajari tehnik pernafasan saat melahirkan, olahraga tertentu, yoga, relaksasi dan pemijatan.

Di barat sekarang metode-metode tersebut di ramu dalam berbagai “paket” misalnya:

Teknik Lamze: teknik ini paling laris di US, mengajarkan bahwa melahirkan adalah hal yang normal, alami dan sehat. Kelas Lamaze mendidik perempuan cara dapat mengurangi persepsi tentang rasa sakit, seperti melalui teknik relaksasi, latihan pernapasan, distraksi atau pemijatan yang dipandu oleh pelatih profesional.

Metode Bradley:  menekankan pendekatan alami untuk kelahiran dan partisipasi aktif dari ayah si bayi sebagai pelatih kelahiran. Tujuan utama dari metode ini adalah menghindari obat, kecuali sangat diperlukan. Metode Bradley juga berfokus pada nutrisi yang baik dan olahraga selama kehamilan dan relaksasi dan teknik pernapasan sebagai metode untuk mengatasi nyeri persalinan. Kelas bradley juga mengajarkan mengenai masalah seputar kehamilan dan kondisi yang mempersulit serta penanganannya seperti bedah sesar darurat.

Baca juga :   Apakah Alzheimer Dipicu Oleh Kolesterol Tinggi?



loading...

Artikel terkait Persalinan Tanpa Nyeri Rasa Sakit