Perbedaan Vitamin D2 Dan Vitamin D3



Vitamin D sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Namun, tahukah Anda ada beberapa bentuk vitamin D. Nah, mungkin banyak pertanyaan yang mengacu pada bentuk viamin D2 dan D3. Salah satu pertanyaan yang umum, mestinya membahas tentang bagaimana fungsi masing-masing, dan apakah vitamin D2 lebih baik daripada vitamin D3, atau sebaliknya? Berikut ini akan dibahas lengkap kedua bentuk vittamin D tersebut.

Vitamin D biasa kita dapatkan dari sinar matahari, atau juga dalam bentuk minyak ikan. Di dalam tubuh kita, vitamin D bertindak sebagai hormon yang membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan kalsium, serta mengatur jumlah kalsium yang masuk dalam darah. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup asupan vitamin D, Anda bisa terkena ostoporosis, atau tulang menjadi lemah, seperti mendapat penyakit osteomalasia dan osteopenia. Selain itu, vitamin D juga sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan saraf noraml, serta fungsi otot.

Vitamin D3

Vitamin D3 merupakan bentuk dari vitamin D yang biasanya ditemukan dalam hewan dan paparan sinar matahari. Vitamin D3 biasanya juga disebut sebagai cholecalciferol. Ketika kulit kita terkena sinar UVB dari pancaran sinar matahari, tubuh kita akan mengubah sesuatu yang dinamakan 7-dehydrocholesterol (sesuatu yang berkaitan dengan kolesterol) menjadi cholecalciferol melalui proses biokimia. Lalu, langkah berikutnya adalah cholecalciferol akan dikonversikan menjadi calcifediol, yang biasanya juga dinamakan 25-hidroksivitamin D3. Akhirnya tubuh Anda mendapat calcifediol dalam bentuk aktif vitamin D yang disebut calcitriol. Nah, calcitrol ini berfungsi untuk memerangi sel kanker.

Vitamin D2

Kalau vitamin D3 biasanya ditemukan dalam hewan, vitamin D2 ditemukan dalam tanaman. Vitamin D2 juga disebut ergocalciferol. Cholecalciferol dan ergocalciferol secara kimia sangat mirip, dan menurut sebuah peletian pada akhir tahun 1920 ditemukan bahwa ergocalciferol sangat baik untuk menyembuhkan penyakit rakhitis pada anak.

Itulah kedua bentuk vitamin D dengan ciri dan fungsinya masing-masing. Memang vitamin D3 dirasa lebih baik fungsinya untuk tubuh daripada vitamin D2. Namun dirasa keduanya mempunyai fungsi yang baik bagi tubuh kita. Jadi tetap konsumsi keduanya, dan jangan sampai kita kekurangan bentuk vitamin D, karena akan menyebabkan rusaknya tulang atau juga bisa menyebabkan kerusakan gigi.




Perbedaan Vitamin D2 Dan Vitamin D3 | mysite | 4.5