Penyumbatan Tuba Fallopi



tuba falopiTuba fallopi adalah salah satu bagian dari organ kewanitaan. Bentuknya silinder atau mirip tabung dengan diameter yang sangat kecil dan panjang berkisar antara 7 hingga 14 cm. tuba falopi ini menghubungkan antara ovarium dengan uterus.

Fungsi utama tuba falopi ini adalah menyalurkan sel telur atau ovum dari ovarium ke dinding rahim. Pada saat ovum matang, ovarium akan luruh sehingga ovum berpindah ke tuba falopi. Dalam tuba falopi terdapat silia yang menyapu ovum kea rah dinding rahim. Selanjutnya, ovum akan menempel di dinding rahim untuk berkembang menjadi janin.

Sumbatan Tuba Falopi
Tuba falopi seharusnya berbentuk saluran. Namun, terkadang ada kelainan yang terjadi sehingga menyebabkan tuba tertutup atau melekat. Tuba falopi yang tersumbat tersebut bisa menjadi salah satu factor seorang wanita susah mendapatkan keturunan. Nah, apabila Anda atau saudara sulit mendapatkan keturunan meskipun menstruasi lancar bisa jadi terjadi penyumbatan tuba.

Penyumbatan tuba falopi disebabkan oleh berbagai factor seperti kanker, tumor, atau penyakit infeksi. Endometriosis (infeksi dinding rahim) dan infeksi tuba biasanya menjadi penyebab utama perlekatan tuba. Selain itu, ada pula infeksi radang panggul yang meninggalkan jaringan parut sehingga tuba tertutup.

Baca juga :   5 Jenis Hepatitis Yang Perlu Anda Tahu

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami sumbatan tuba diperlukan foto rongent khusus, yaitu dengan memasukkan zat kimia tertentu pada bagian dalam rahim dan saluran telur untuk memperjelas gambaran foto rontgen. Pemeriksaan ini disebut sebagai histerosalpingografi (HSG). Bila dari foto rongent terlihat saluran menuju ovarium berarti tuba falopi dalam keadaan baik. Sebaliknya, bila cairan tersebut tidak mampu menembus ovarium berarti ada sumbatan tuba.

Bagi Anda yang mengalami penyumbatan tuba falopi tidak perlu khawatir karena sekarang ada terapi yang bernama hidrotubasi. Apakah terapi itu? Terapi hidrotubasi adalah cara yang dilakukan untuk menyembuhkan perlekatan tuba falopi dengan memasukkan cairan yang berisi kanamicin, dexametason dan antipasmodik. Ada alat tertentu yang dimasukkan ke vagina untuk menyemprot cairan tersebut. Tentu Anda akan merasa kurang nyaman dengan tindakan tersebut. Namun, rasa sakit dapat dikurangi bila sebelumnya Anda minta anastesi pada dokter.

Saluran tuba yang tersumbat tidak dapat sembuh hanya dengan satu kali hidrotubasi. Minimal harus dilakukan 3 kali dalam kurun waktu tiga bulan. Hidrotubasi dilakukan setiap perempuan selesai mendapati menstruasinya. Bila setelah tiga kali tindakan belum menampakkan tanda-tanda terlepasnya perlekatan tuba, maka hidrotubasi bisa dilakukan lagi.

Baca juga :   Perokok Rentan Terkena Serangan Penyakit Emfisema



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *